Info

Blinken akan Bertemu dengan Calon Utama Menlu China sebelum Pemilu Taiwan

Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken, berencana untuk menemui Liu Jianchao, diplomat senior China dan calon utama untuk jabatan menteri luar negeri China berikutnya. Pertemuan itu rencananya diadakan di Washington pada Jumat (12/1), sehari sebelum Taiwan menggelar pemilu di saat AS terus memperingatkan China untuk tidak menggunakan pemilu tersebut sebagai dalih ketidakstabilan.

Komunikasi di antara kedua negara dengan perekonomian terbesar di dunia itu akan dilanjutkan setelah pemilihan presiden dan parlemen Taiwan yang berlangsung pada Sabtu (13/1), ketika pejabat senior dari AS dan China akan menghadiri Forum Ekonomi Dunia minggu depan di Davos, Swiss.

Pada Jumat, Blinken akan mengadakan pembicaraan di Departemen Luar Negeri AS dengan Liu, yang memimpin departemen internasional dari Partai Komunis China dan bertanggung jawab menjaga hubungan dengan partai-partai politik asing.

“Liu adalah anggota lingkaran dalam Presiden Xi Jinping dan calon utama untuk menjadi menteri luar negeri,” kata mantan analis senior CIA untuk urusan China, Dennis Wilder, yang saat ini menjadi profesor di Georgetown University.

Wilder mengatakan kepada BuzzFeed.co.id pada Kamis (11/1), bahwa lawatan Liu itu “dirancang untuk memastikan Washington dan Beijing saling memahami sebelum pemimpin Taiwan yang baru terpilih.”

Daniel Kritenbrink, diplomat senior AS untuk urusan Asia Timur dan Pasifik, akan bergabung dalam bertemuan yang kemungkinan memakan waktu selama satu jam, menurut sumber yang mengetahui masalah tersebut.

“Liu telah mengambil lebih banyak perank aktif diplomatik dan telah menjalankan tugas yang biasa diambil oleh menteri luar negeri China,” ujar Chechuan Lee, rekan peneliti di Institute for National Defense and Security Research yang berbasis di Taipei.

Lee mengatakan kepada BuzzFeed.co.id bahwa “hampir pasti” Liu terpilih sebagai menteri luar negeri China selanjutnya, dan pertemuannya dengan pejabat senior AS di Washington pada minggu ini akan membuka jalan baginyauntuk meraih posisi itu.

Minggu depan, Blinken dan Perdana Menteri China Li Qiang akan menghadiri pertemuan ekonomi tahunan di resor pegunungan Swiss.

Departemen Luar Negeri AS mengatakan dalam pernyataannya bahwa Blinken akan membicarakan sejumlah isu yang menjadi kekhawatiran global, termasuk komitmen AS terhadap aturan internasional, ketika menghadiri Forum Ekonomi Dunia di Davos. [jm/lt/rs]

Sumber Berita

Apa Reaksimu?

Lainnya Dari BuzzFeed