Info

Bertemu PM Singapura, Prabowo Tegaskan Kesiapan Kerja Sama Pertahanan

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyampaikan komitmen Indonesia untuk mempererat hubungan bilateral dengan Singapura dan “meningkatkan kerja sama pertahanan, terutama setelah berlakunya Defense Cooperation Agreement (DCA).” Hal ini ditegaskan Prabowo saat bertemu Perdana Menteri Singapura Lawrence Wong di Istana, Singapura, Sabtu (1/6). Pertemuan tersebut dilakukan di sela-sela IISS Shangri-La Dialogue ke-21 yang dimulai sejakJumat (31/5).

Dalam siaran pers yang diterima BuzzFeed.co.id, dikatakan bahwa Prabowo menggarisbawahi kesiapan kerja sama pertahanan itu lewat “latihan bersama, keamanan maritim dan program pertukaran pendidikan.”

Secara khusus Prabowo, yang telah ditetapkan sebagai pemenang dalam Pemilihan Presiden pada Februari 2024, juga mengucapkan selamat kepada Lawrence Wong yang baru saja dilantik menjadi perdana menteri baru Singapura. a menyampaikan apresiasi atas kepemimpinan dan komunikasi yang telah dibangun Wong dengan Pemerintah Indonesia.

Prabowo akan Bicara di Shangri-La Dialogue

Shangri-La Dialogue yang diselenggarakan oleh International Institute for Strategic Studies IISS adalah sebuah forum pertemuan tahunan yang mempertemukan para menteri dan pejabat senior, serta pemimpin bisnis dan pakar keamanan untuk mengupas tantangan keamanan yang berkembang di Asia.

Untuk pertama kalinya sejak 2022, Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Llyod Austin melangsungkan pertemuan dengan Menteri Pertahanan China Dong Jun. Menurut juru bicara militer China Wu Qian, pertemuan tertutup yang diadakan pada Jumat selama 75 menit itu berlangsung “positif, pragmatis dan konstruktif.” Hubungan militer kedua negara adi daya ini terputus pasca lawatan Ketua DPR AS ketika itu Nancy Pelosi ke Taiwan, yang memicu kemarahan Beijing.

Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin dan Menteri Pertahanan China Dong Jun menghadiri pertemuan bilateral di Singapura, 31 Mei 2024. (Foto: DoD/Chad J. McNeeley via REUTERS)

Berbicara di hadapan ratusan hadirin pada Sabtu, Austin mengatakan perang atau pertarungan dengan China bukanlah sesuatu “yang akan terjadi” atau “tidak dapat dihindari.” Kantor berita Associated Press mengutip pernyataan Austin yang mengatakan “selama kita melakukan pembicaraan, kita dapat mengidentifikasi isu-isu yang menyusahkan dan memastikan bahwa kita menerapkan pagar pembatas supaya tidak ada kesalahan persepsi dan salah perhitungan.”

Prabowo juga dijadwalkan menyampaikan pandangannya pada Sabtu sore, yang akan difokuskan pada keterlibatan dan komitmen internasional pad stabilitas keamanan.” Kepala Eksekutif IISS John Chipman akan memoderatori pidato Prabowo nanti. Namun, sebelumnya Prabowo dijadwalkan bertemu dengan Llyod Austin. Belum ada informasi tentang isu yang akan dibahas dalam pertemuan kedua pejabat tinggi ini. [em/ah]

Sumber Berita

Apa Reaksimu?

Lainnya Dari BuzzFeed