Connect with us

PENDIDIKAN

Belajar Tatap Muka Dimulai Juli 2021

Belajar Tatap Muka Dimulai Juli 2021


Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim dalam jumpa pers, Selasa (30/3), mengatakan pemerintah memutuskan untuk mengizinkan pembelajaran tatap muka secara terbatas setelah semua pendidik dan tenaga kependidikan, seperti operator sekolah, petugas kebersihan, pegawai tata usaha, sudah mendapat dua dosis suntikan vaksin COVID-19.

Pembelajaran tatap muka itu akan dimulai pada tahun ajaran baru Juli mendatang. Namun jika terjadi kasus COVID-19 di sebuah sekolah, pembelajaran tatap muka akan dihentikan.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim, 26 Maret 2021 (Facebook:Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI).

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim, 26 Maret 2021 (Facebook:Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI).

“Jadinya sekolah setelah guru dan tenaga pendidiknya divaksin, wajib memberikan opsi pembelajaran tatap muka terbatas dengan protokol kesehatan. Tetapi orang tua boleh memilih, apakah mereka nyaman anaknya ke sekolah atau tidak. Jadi ujung-ujungnya per anak keputusannya ada di orang tua, tetapi sekolah yang sudah divaksinasi wajib memberikan opsi pembelajaran tatap muka terbatas pada saat vaksinasinya sudah rampung,” kata Nadiem.

Nadiem menjelaskan keputusan untuk memulai pembelajaran tatap muka terbatas tersebut diambil karena penutupan sekolah dan pembelajaran jarak jauh sudah berlangsung terlalu lama.

Dia menambahkan penutupan sekolah ini memiliki dampak negatif terhadap kesehatan anak, pendidikan dan perkembangan, pendapatan keluarga, serta perekonomian secara keseluruhan.

Selain itu, berdasarkan hasil penelitian dari UNICEF dan WHO (organisasi kesehatan Dunia), lanjut Nadiem, infeksi COVID-19 terhadap anak (berumur di bawah 18 tahun) memiliki gejala ringan, anak mempunyai kerentanan lebih rendah terhadap infeksi COVID-19 dibanding orang dewasa, dan anak memiliki kemungkinan kecil menularkan virus COVID-19 ketimbang orang dewasa.

Lebih jauh ia mengatakan Indonesia termasuk dalam empat negara di di kawasan Asia Timur dan Pasifik yang belum melakukan pembelajaran tatap muka secara penuh. Sementara 23 negara lainnya di kawasan tersebut sudah melaksanakan pembelajaran tatap muka, termasuk Vietnam, China, Kamboja, dan Laos.

Menurut Nadiem satu tahun penutupan sekolah karena pandemi COVID-19 juga telah menimbulkan dampak lain, yaitu anak putus sekolah, penurunan capaian belajar, dan kekerasan pada anak.

Nadiem mengatakan sejatinya sejak Januari tahun ini semua pemerintah daerah sudah bisa memberikan izin untuk pembelajaran tatap muka secara terbatas jika sekolah mampu memenuhi syarat protokol kesehatan namun kebijakan ini tidak bersifat wajib. Namun pada kenyataannya hanya 22 persen satuan pendidikan yang melangsungkan pembelajaran tatap muka.

Nadiem menambahkan pemerintah telah menetapkan pendidik dan tenaga kependidikan, seperti operator sekolah, petugas kebersihan, pegawai tata usaha sebagai prioritas untuk mendapatkan vaksinasi COVID-19. Vaksinasi COVID-19 bagi pendidik dan tenaga kependidikan ini berlaku di semua jenjang pendidikan, pendidikan negeri dan swasta, formal dan non-formal, serta pendidikan keagamaan.

Presiden Jokowi menyaksikan vaksinasi kepada salah satu tenaga pendidik yang bertempat di SMAN 70 Jakarta. (Foto: Courtesy/Biro Setpres)

Presiden Jokowi menyaksikan vaksinasi kepada salah satu tenaga pendidik yang bertempat di SMAN 70 Jakarta. (Foto: Courtesy/Biro Setpres)

Untuk tahap pertama, vaksinasi akan diberikan kepada pendidik dan tenaga kependidikan di pendidikan anak usia dini (PAUD), sekolah dasar, sekolah luar biasa, dan sederajat, pesantren, dan pendidikan keagamaan. Tahap selanjutnya vaksinasi diberikan kepada pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah menengah pertama (SMP), sekolah menengah atas (SMA), sekolah menengah kejuruan (SMK), dan sederajat. Pada tahap ketiga, vaksinasi ditujukan bagi pendidik dan tenaga kependidikan di perguruan tinggi.

Vaksinasi tahap pertama bagi pendidik dan tenaga kependidikan paling lambat dilaksanakan minggu kedua Mei 2021. Tahap kedua paling lambat akhir pekan keempat Mei 2021 dan tahap ketiga paling lambat pada pekan kedua Juni 2021.

Untuk mencapai ketiga target tersebut, Nadiem mendorong pemerintah daerah memprioritaskan vaksinasi COVID-19 para pendidik dan tenaga kependidikan.

Menkes Dukung Dimulainya Pembelajaran Tatap Muka

Pada kesempatan yang sama, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mendukung keputusan untuk memulai pembelajaran tatap muka pada Juli mendatang karena menilai pendidikan yang terus berjalan merupakan investasi yang sangat penting bagi generasi dan perekonomian Indonesia di masa depan.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin usai Ratas dengan Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan , Jakarta, Jumat, 26 Maret 2021 mengatakan jumlah penduduk Indonesia yang sudah divaksinasi COVID-19 tembus 10 juta Orang ( biro Setpres ).

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin usai Ratas dengan Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan , Jakarta, Jumat, 26 Maret 2021 mengatakan jumlah penduduk Indonesia yang sudah divaksinasi COVID-19 tembus 10 juta Orang ( biro Setpres ).

“Pendidikan dan kesehatan, kedua sektor ini merupakan investasi bangsa yang besar untuk 10, 20, sampai 30 tahun ke depan. Saya merasa sangat terharu dan mendukung agar proses pembelajaran ini kembali seperti normal.

Budi Gunadi menjelaskan setiap pandemi menyebabkan perubahan dalam kehidupan sehari-hari dan manusia mampu bertahan dengan beradaptasi terhadap keadaan dengan menerapkan gaya hidup dan protokol kesehatan yang baru.

Untuk pelaksanaan pembelajaran tatap muka ini, akan diberlakukan sejumlah peraturan, antara lain kapasitas kelas 50 persen dari kondisi normal, jarak antar kursi siswa 1,5 meter dan seluruh siswa wajib mengenakan masker serta diperiksa suhu tubuhnya setiap masuk sekolah. Sekolah dibebaskan menetapkan pembelajaran tatap muka dilakukan dua atau tiga hari tiap pekan.

KPAI Minta Ada Pemantauan di Lapangan

Komisioner Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Retno Lystiarti meminta ada pemantauan di lapangan untuk memastikan kesiapan sekolah dan daerah untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka secara terbatas.

KPAI mendorong pembukaan sekolah tatap muka harus didasarkan pada kesiapan sekolah sebagai faktor utama, seperti infrastruktur dan protokol kesehatan selain pendidik dan tenaga pendidikan sudah divaksinasi.

KPAI juga meminta pemerintah daerah menyiapkan portal pengaduan dan rencana evaluasi saban bulan terhadap pelaksanaan pembelajaran tatap muka. [fw/em]

Advertisement
Click to comment

PENDIDIKAN

Tragedi Perpeloncoan Soroti Kehidupan Organisasi Sosial di Kampus AS

Tragedi Perpeloncoan Soroti Kehidupan Organisasi Sosial di Kampus AS


Organisasi-organisasi sosial atau yang biasa disebut sebagai Komunitas Yunani di kampus-kampus di seluruh AS lagi-lagi mendapat sorotan setelah kematian mahasiswa baru-baru ini yang diduga karena perpeloncoan.

Mahasiswa baru Virginia Commonwealth University (VCU) Adam Oakes meninggal 27 Februari dan mahasiswa tahun kedua Bowling Green State University (BGSU) Stone Foltz meninggal 7 Maret setelah keduanya mengkonsumsi alkohol dalam jumlah besar pada acara persaudaraan.

Adam Oakes menghadiri sebuah acara di Delta Chi di Virginia, dan Stone Foltz menghadiri sebuah acara di Pi Kappa Alpha di Ohio. Dalam pernyataan simpati atas meninggalnya Oakes dan Foltz, organisasi nasional Delta Chi dan Pi Kappa Alpha mengumumkan bahwa aktivitas cabang yang terlibat dalam tuduhan perpeloncoan itu telah ditangguhkan.

“Terlepas dari apakah itu persaudaraan atau perkumpulan, sangat memalukan bahwa tindakan yang mengancam jiwa ini masih dilakukan seringkali, tanpa atau dengan pertanggung jawaban yang minim. Belum lagi tuduhan rasisme dan kekerasan seksual, hanya menguatkan komunitas persaudaraan Yunani adalah komunitas yang beracun bagi banyak orang,” kata Schanelle Saldanha, seorang mahasiswa tahun ketiga di American University di Washington, kepada VOA.

Menurut Inside Hazing, situs web anti-perpeloncoan meskipun 65% responden dalam survei anggota persaudaraan dan perkumpulan mahasiswa, mengatakan tujuan utama dari sebuah inisiasi adalah untuk menjalin persaudaraan,

· 57% mengatakan penting untuk mentolerir stres psikologis.

· 31% mengatakan penghinaan adalah elemen penting dalam sebuah inisiasi.

· 29% mengatakan konsumsi alkohol yang berlebihan sering kali merupakan bagian dari inisiasi.

· 29% mengatakan penting untuk mentolerir rasa sakit fisik.

· 29% mengatakan mereka prihatin dengan penggunaan alkohol yang berlebihan selama kegiatan janji.

· 25% mengatakan papan dayung biasanya digunakan selama inisiasi.

Seorang mahasiswa Universitas Negeri Dakota Utara (NDSU) yang mengenakan masker pelindung berjalan melewati gedung Teknik Selatan di kampus saat wabah COVID-19 berlanjut di Fargo, Dakota Utara, AS, 25 Oktober 2020. (Foto: REUTERS/Bing Guan)

Seorang mahasiswa Universitas Negeri Dakota Utara (NDSU) yang mengenakan masker pelindung berjalan melewati gedung Teknik Selatan di kampus saat wabah COVID-19 berlanjut di Fargo, Dakota Utara, AS, 25 Oktober 2020. (Foto: REUTERS/Bing Guan)

Tidak semua dari 123 persaudaraan dan perkumpulan mahasiswa dengan 12.000 cabangnya di kampus AS mengalami kekerasan atau kekacauan yang ekstrem. Banyak dari 750 ribu mahasiswa S1 anggotanya di lebih dari 800 kampus di AS dan Kanada mengatakan mereka menikmati menjadi bagian dari komunitas itu dan memperoleh keterampilan kepemimpinan.

Tinggal di rumah dengan anggota lain memberi dukungan, sosialisasi, dan bahkan kedekatan dengan kampus, kata para mahasiswa di Missouri State University kepada surat kabar yang dikelola mahasiswa The Standard pada 2018.

Namun, menurut situs web Addiction Center, meskipun sebagian besar setuju bahwa minum alkohol dan pesta adalah bagian besar dari kehidupan Yunani, mendorong anggota untuk berjanji agar berperilaku berbahaya bukan bagian dari organisasi-organisasi itu.

“Sementara situasi seputar kematian ini masih dalam penyelidikan, kita harus jelas bahwa perpeloncoan adalah pengkhianatan terhadap sumpah persaudaraan yang menjadi komitmen setiap anggota dan tidak punya tempat di kampus. Ketika minuman keras ditambahkan ke dalam campuran, itu adalah formula untuk tragedi, ”tulis Konferensi Antar Persaudaraan Amerika Utara (NIC) dalam sebuah pernyataan kepada VOA.

Penyesalan dan permintaan maaf selalu menyertai cedera dan kematian pada perpeloncoan sejak 1959, kata Hank Nuwer, seorang profesor emeritus di Franklin College dan penulis Hazing: Destroying Young Lives.

Namun setiap tahun, para mahasiswa yang berjanji untuk diterima di organisasi persaudaraan meninggal atau terluka parah. Mereka diracuni oleh alkohol berlebihan dan tersedak muntahannya sendiri, seperti Max Gruver, yang meninggal di rumah Phi Delta Theta di Louisiana State University di Baton Rouge pada 2017.

Mereka jatuh dan mengalami cedera otak luka, seperti Tim Piazza, yang meninggal pada 2017 di Beta Theta Pi di Penn State University. Mereka ditemukan tewas di dasar jurang, seperti mahasiswa baru Universitas Cornell Antonio Tsialas, yang kematiannya dinyatakan sebagai kecelakaan setelah ia meninggalkan rumah persaudaraan Phi Kappa Psi pada tahun 2019.

“Tujuannya agar hal seperti ini tidak pernah terjadi lagi dan untuk membangun model nasional yang mendukung kesehatan dan keselamatan serta menciptakan iklim menghormati dan inklusif yang kondusif bagi keberhasilan akademis,” tulis Presiden VCU Michael Rao dalam rencana universitas tentang komunitas Yunani. Ia tidak menyebut Delta Chi secara spesifik dalam pernyataan itu.

Para siswa di perpustakaan James Branch Cabell yang telah direnovasi di kampus Virginia Commonwealth University di Richmond, Va., Kamis, 28 April 2016. (Foto: AP/Steve Helber)

Para siswa di perpustakaan James Branch Cabell yang telah direnovasi di kampus Virginia Commonwealth University di Richmond, Va., Kamis, 28 April 2016. (Foto: AP/Steve Helber)

Menurut pesan yang dikirim dari Presiden Bowling Green State University (BGSU) Rodney Rogers dan Pembantu Rektor Joe Whitehead Jr. BGSU telah menangguhkan Pi Kappa Alpha karena diduga melakukan perpeloncoan dan bekerja sama dengan penegak hukum dan melakukan penyelidikan kode etiknya sendiri. Selain itu, universitas juga menghentikan inisiasi anggota baru dan semua acara lainnya.

Sebelum pandemi, Koalisi Anti-Perpeloncoan – yang terdiri dari orang tua korban perpeloncoan – berbicara di universitas untuk mendidik mahasiswa tentang penindasan, minuman keras yang dipaksakan, dan perilaku yang berpotensi berbahaya lainnya.

“Mereka menceritakan kisah tentang apa yang sebenarnya terjadi pada putra mereka, dan perilaku perpeloncoan di kampus tempat putra mereka kuliah,” kata Dani Weatherford, CEO National Panhellenic Conference (NPC), yang, bersama NIC , adalah bagian dari koalisi. Dan mereka “mencoba mendidik para mahasiswa di kampus yang dikunjungi, tentang seperti apa perpeloncoan, bagaimana hal itu bisa lepas kendali, dan mendesak mereka untuk memastikan bahwa perilaku semacam ini tidak terjadi di organisasi dan di kampus mereka, “kata Weatherford.

Dalam acara Zoom pada 21 Maret, orang tua Rae Ann Gruver menggambarkan seberapa banyak putranya, Max, minum di acara persaudaraan dan menjelaskan ia meneguk 18-20 kali alkohol yang dibuat dari biji-bijian yang disebut Diesel.

Ia mengatakan rekan sepersaudaraan itu membuatkan Max minuman ketika ia menjawab pertanyaan yang salah, dan karena terlambat ke acara persaudaraan, ia dipaksa minum lebih banyak lagi.

“Mereka menyasar Max. Tindakan berbahaya yang mereka lakukan ini menyebabkan kematian anak saya” kata Rae Ann Gruver.

Rae Ann Gruver dan suaminya, Stephen Gruver, juga berupaya mengesahkan undang-undang perpeloncoan baru di Louisiana dan mendirikan Max Gruver Foundation.

Weatherford mengatakan NPC dan NIC juga mengambil tindakan di tingkat legislatif.

Sementara pertanggungjawaban kriminal dalam perpeloncoan berada di bawah yurisdiksi negara bagian, undang-undang federal mengaturnya pada END ALL Hazing Act dan Report and Educate About Campus Hazing (REACH) Act, kata Weatherford.

Spanduk "Selamat Datang" terlihat di gedung Universitas Michigan di Ann Arbor, Michigan, AS, 19 September 2018. (Foto: REUTERS/Rebecca Cook)

Spanduk “Selamat Datang” terlihat di gedung Universitas Michigan di Ann Arbor, Michigan, AS, 19 September 2018. (Foto: REUTERS/Rebecca Cook)

END ALL Hazing Act berfokus pada transparansi kampus dan akan mewajibkan universitas untuk memposting secara online keputusan apa pun – penilaian formal – tentang insiden perpeloncoan.

UU REACH bertujuan menetapkan definisi federal tentang perpeloncoan dan mengharuskan perpeloncoan menjadi kejahatan Undang-Undang Clery, yang berarti universitas harus memasukkan perpeloncoan dalam statistik kejahatan mereka.

Weatherford merekomendasikan agar korban perpeloncoan, setidaknya, melaporkan tindakan tersebut ke universitas, tetapi bagaimana hal-hal itu ditangani dan sumber daya apa yang ditawarkan akan berbeda menurut kebijakan kampus masing-masing.

Mengenai calon mahasiswa yang tertarik dengan komunitas persaudaraan Yunani namun khawatir tentang kemungkinan perpeloncoan, Weatherford menyarankan agar mereka waspada dan mengetahui bahwa NPC dan NIC – dan persaudaraan dan perkumpulan yang dinaunginya adalah organisasi anti-perpeloncoan.

“Kita ingin memastikan bahwa jika ada aktor jahat, aktor jahat tersebut dimintai pertanggungjawaban dan dikeluarkan dari organisasi kita” kata Weatherford. [my/lt]

Continue Reading

PENDIDIKAN

Kakek Rusia Wariskan Keahlian Lewat Pendidikan

Kakek Rusia Wariskan Keahlian Lewat Pendidikan


Sebuah program di Rusia yang memungkinkan para lansia mewariskan pengetahuan dan keahlian mereka dianggap berhasil dan kini diperluas. Program yang disebut “Grandfather Cannot Teach Wrong” atau “Kakek tidak Pernah Mengajar Hal yang Salah” memungkinkan anak-anak untuk mempelajari keahlian dan permainan yang tidak diajarkan di sekolah.

Di sekolah, anak-anak mungkin tidak memiliki kesempatan untuk mempelajari cara membuat sebuah rumah burung. Namun tidak demikian halnya bagi sejumlah anak-anak yang sedang mengikuti program “Grandfather Cannot Teach Wrong”. Mereka terlihat menyimak petunjuk yang diberikan oleh Sergey Smirnov, seorang pensiunan, dalam membuat sebuah rumah burung.

Proyek "Grandfather Cannot Teach Wrong" memberkan kesempatan bagi para pensiunan untuk meneruskan pengetahuan mereka kepada generasi muda. (Foto: ilustrasi).

Proyek “Grandfather Cannot Teach Wrong” memberkan kesempatan bagi para pensiunan untuk meneruskan pengetahuan mereka kepada generasi muda. (Foto: ilustrasi).

Smirnov adalah anggota organisasi yang disebut “Grandfather Cannot Teach Wrong” atau kakek tidak pernah mengajarkan hal yang salah, yang berlokasi di Vicguga, kawasan Ivanovo, Rusia. Ide dibalik proyek ini adalah memberi kesempatan bagi para pensiunan untuk meneruskan pengetahuan mereka kepada generasi muda.

Program itu diikuti oleh sekitar 1.000 anak. Beberapa di antaranya berasal dari keluarga yang kurang beruntung secara sosial. Namun di dalam kelas-kelas tersebut, anak-anak dapat bermain, memiliki teman baru atau mempelajari sesuatu yang baru.

Smirnov tinggal jauh dari keluarganya sehingga jarang mendapat kunjungan tamu. Namun ia berharap ada sukarelawan seperti dirinya, yang juga membagikan pengetahuan dan keahliannya, bagi cucu-cucunya yang tinggal di tempat lain.

“Anak-anak saya tinggal di tempat yang jauh, begitu pula cucu-cucu saya. Saya akan mengajar anak-anak di sini. Mungkin ada orang lain yang akan mengajar cucu-cucu saya di sana,” harapnya.

Selain keahlian teknis, proyek “Grandfather Cannot Teach Wrong" juga memberikan kesempatan bagi para seniman untuk menularkan keahlian dan pengalamannya kepada generasi muda. (Foto: ilustrasi).

Selain keahlian teknis, proyek “Grandfather Cannot Teach Wrong” juga memberikan kesempatan bagi para seniman untuk menularkan keahlian dan pengalamannya kepada generasi muda. (Foto: ilustrasi).

Sergey Rodin mengajarkan seni, namun ia juga memiliki kehidupan yang kaya akan pengalaman.

Pada masa pemerintahan Soviet, ia berdinas sebagai tentara di Afghanistan dan mendapat penghargaan. Namun untuk anak-anak ini, ia memilih untuk mengajarkan hal-hal lain yang akan membantu perkembangan mereka.

Rodin mengatakan, “Mereka membuat vas untuk pensil, pulpen, dan bunga-bunga kering. Ini tugasnya, namun ini bukan sekadar membuat vas, tetapi juga melatih perkembangan motorik halus dan daya imajinasi.”

Salah seorang siswa, Anna Belousova mengatakan, ia tidak memiliki seorang kakek. Namun ia datang kesana karena kakek Smirnov selalu membantunya.

Sebelum diperbolehkan menjadi sukarelawan, mereka harus melamar melalui sebuah proses pemilihan yang ketat termasuk pemeriksaan catatan kriminal dan kesehatan.

Para pelamar untuk menjadi sukarelawan itu memiliki latar belakang yang beragam.

Stanislav Potapov, salah seorang sukarelawan, mengatakan, “Sepanjang hidup saya, saya bekerja sebagai perakit mesin di pabrik pembuatan mesin. Saya kemudian pensiun dan menerima sebuah proposal dari proyek “Grandfather Will Not Teach Wrong”. Saya memutuskan untuk mencobanya dan berhasil diterima. Jadi saya merasa senang datang ke tempat ini. Anak-anak menyambut saya dengan gembira, saya merasa senang karena mereka merasa senang.”

Berbagi pengalaman dengan anak-anak, seperti keahlian teknis membongkar dan merakit sepeda, akan memperkaya ilmu pengetahuan anak sekaligus mewariskan keahlian kepada generasi mendatang. (Foto: ilustrasi).

Berbagi pengalaman dengan anak-anak, seperti keahlian teknis membongkar dan merakit sepeda, akan memperkaya ilmu pengetahuan anak sekaligus mewariskan keahlian kepada generasi mendatang. (Foto: ilustrasi).

Alexander Sykov, seorang sukarelawan, bahkan sudah merencanakan apa yang akan dilakukannya pada musim panas nanti. “Ketika cuaca menjadi lebih hangat di luar, kami akan mempelajari tentang sepeda. Kemudian saya akan menceritakan tentang mobil-mobil dan kemudian kami akan membuatnya,” jelasnya.

Apa yang bisa dipelajari tentang sepeda oleh anak-anak itu? Lebih jauh Alexander mengungkapkan, “Bagaimana memberi pelumas pada sepeda, membongkar dan merakit sepeda. Saya memiliki pendidikan teknik, jadi saya sangat menguasainya. Saya akan membagikan pengalaman saya, apalagi saya memiliki pengalaman mengemudi selama 40 tahun.”

Proyek yang berawal sebagai percobaan oleh Pusat Rehabilitasi Sosial di kawasan itu, dianggap sukses. Itu artinya, organisasi tersebut berharap dapat merekrut lebih banyak lagi kakek sukarelawan hingga total menjadi 20 orang. [lj/ab]

Continue Reading

PENDIDIKAN

Kenya, Beralih Ke Bahan Bakar Energi Bersih

Kenya, Beralih Ke Bahan Bakar Energi Bersih


Di sekolah Alliance High School di Kiambu County, Kenya, pekerja memasak makan siang untuk sekitar 2.000 anak laki-laki. Tugas itu menjadi lebih mudah sekarang sejak sekolah beralih ke penggunaan LPG untuk memasak tiga bulan yang lalu.

Namun kebanyakan sekolah di Kenya tidak bisa menanggung beban peralihan ke jenis bahan bakar baru ini untuk memasak, padahal hal ini mampu mengurangi emisi karbon di atmosfir. Ketidakmampuan tersebut terkait isu pendanaan, terutama menemukan sumber dana yang bisa membayar biaya uang muka pemasangan sarana baru itu.

Pejabat di sekolah Alliance High mengatakan, pemasangan sistem untuk bahan bakar yang bersih di sekolah menuntut banyak dana tetapi bisa dilakukan.

Seorang pekerja terlihat dalam demonstrasi memasak di depot M-Gas dekat permukiman kumuh Mukuru di Nairobi, Kenya, 29 Januari 2020. (Foto: REUTERS/Njeri Mwangi)

Seorang pekerja terlihat dalam demonstrasi memasak di depot M-Gas dekat permukiman kumuh Mukuru di Nairobi, Kenya, 29 Januari 2020. (Foto: REUTERS/Njeri Mwangi)

“Anda lihat saja kami menggunakan sarana seperti yang kami miliki sebelumnya. Kami tidak berubah, jadi isu penghematan energi, perubahan apapun kami masih masih sama,” ujar kepala sekolah Alliance High, William Mwangi.

Penguasa Kenya menanggapi absennya kesadaran akan penggunaan bahan bakar yang lebih bersih ini dengan mendirikan pusat-pusat di mana sekolah-sekolah bisa belajar tentang berbagai teknologi energi bersih yang tersedia.

“Jadi salah satu yang kami lakukan di pusat hijau ini adalah memeragakan teknologi energi terbarukan, solusi memasak secara bersih. Sekolah-sekolah datang ke pusat hijau ini untuk belajar solusi-solusi ini dan bagaimana memperbesar fasilitasnya,” ujar pakar ekonomi di Otoritas Lingkungan Nasional, Obadiah Mungai.

Organisasi-organisasi yang berusaha menggalakkan masak secara bersih ini mengatakan, keterbatasan akses Kenya ke teknologi memperlambat peralihan ke bahan bakar yang lebih bersih.

“Beberapa solusi ini bukan berasal dari Kenya, meskipun kami sangat ingin mendukung produk yang dibuat di dalam negeri. Beberapa teknologi ini yang sangat baik, atau sebagian sangat baik, harus diimpor dan kemungkinan dirakit di Kenya agar bisa digunakan,” ujar David Nugi, CEO Clean Cooking Association di Kenya.

Sejauh ini, 11 sekolah telah beralih dan menggunakan bahan bakar yang lebih bersih. Pemerintah Kenya berharap pada akhirnya, semua sekolah di negara itu bisa beralih ke bahan bakar yang lebih bersih. [ew/jm]

Continue Reading
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Trending Dari BuzzFeed

close