Connect with us

#BanjirJakarta

Banjir di Sudirman, Anies: Kali Krukut Melintasi Jalan

Banjir di Sudirman, Anies: Kali Krukut Melintasi Jalan


Banjir di Sudirman, Anies: Kali Krukut Melintasi Jalan


Telegraf – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, banjir di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat lantaran luapan air dari Kali Krukut.

Menurutnya, di samping Sudirman, wilayah lain seperti Kemang, Jalan Widya Chandra, hingga Jalan Tendean juga tergenang akibat luapan Kali Krukut. Anies menduga, luapan Kali Krukut ditengarai menampung pertambahan debit air dari hujan lokal dari kawasan Depok, Jawa Barat.

Artinya penambahan debit air bukan dari hujan lokal di kawasan Kemang atau Jalan Sudirman, melainkan kawasan antara hulu dan Jakarta.

“Jadi curah hujan yang terjadi di kawasan hulu Kali Krukut yang melintang melintasi Jalan Jendral Sudirman. Di hulunya terjadi curah hujan yang sangat tinggi tercatat 136 mm/hari,” kata Anies, Sabtu (20/2/2021).

“Kemudian lintas airnya melewati dua sungai, satu kali Mampang dan dua Kali Krukut. Kedua aliran kali itu bertemu di belakang LIPI. Lalu mengalir ke Sudirman. Jadi saat ini adalah dampak dari air kiriman dari kawasan tengah sekitar Depok,” imbuhnya.

Anies menambahkan, saat ini seluruh jajaran Pemprov DKI telah melakukan upaya untuk membersihkan sampah di aliran sungai dan mengerahkan pompa mobile baik di kawasan Sudirman maupun di Kemang yang menjadi aliran kali Krukut untuk selanjutnya dialirkan ke Kanal Banjir Barat.

“Biasanya kalau hujannya di pegunungan (Bogor) airnya akan lewat Kali Ciliwung, tapi kalau terjadinya hujan deras di kawasan tengah (sekitar Depok) maka lewat ke sungai aliran tengah, yakni kali Krukut ini,” jelasnya.

Meskipun hingga tadi, Kanal Banjir Barat masih menampung kiriman air dari daerah hulu. Anies menambahkan, hingga sore tadi, Jakarta masih menerima air aliran dari kawasan Selatan, atau dari Depok maupun Puncak.

“Itu Depok maupun puncak. Kalau itu sudah reda Insyaallah lebih terkendali,” jelasnya


Photo Credit: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat meninjau Pintu Air Manggarai, Jakarta. FILE/UPK

A. Chandra S.
Latest posts by A. Chandra S. (see all)





Source link

Advertisement
Click to comment

#AniesBaswedan #GubernurDKI

1.222 Jiwa Mengungsi Akibat Banjir di Jakarta

1.222 Jiwa Mengungsi Akibat Banjir di Jakarta


1.222 Jiwa Mengungsi Akibat Banjir di Jakarta


Telegraf – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat sebanyak 1.222 jiwa mengungsi akibat banjir di Jakarta sejak Sabtu (20/02/2021) dini hari.

Dari total 1.222 jiwa tersebut, pengungsi dewasa tercatat sebanyak 918 jiwa, remaja 151, balita 89 dan lansia 64 jiwa.

“Sementara, dari jumlah tersebut sebanyak 333 KK atau 1.109 jiwa, atau sekitar 23 RT (8 RW) yang terdampak berada di kawasan Kelurahan Cipinang Melayu, Kecamatan Makasar, Kota Jakarta Timur,” kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati.

Raditya Jati juga mengatakan, tinggi muka air di kawasan Cipinang mencapai 200 cm. Warga yang mengungsi juga tersebar di beberapa titik, seperti fasilitas tempat ibadah, sekolah maupun tempat lapang.

Tim gabungan dari BPBD DKI Jakarta, Basarnas, TNI dan Polri melakukan evakuasi warga. Sedangkan kerugian material, BPBD masih melakukan pendataan di lapangan.

Dalam penanganan darurat, pemerintah setempat juga telah mendistribusikan bantuan logistik dan penyelamatan serta evakuasi warga terdampak.

BPBD DKI Jakarta mendirikan pos lapangan di Universitas Borobudur dengan kekuatan 40 personel.

Selain itu, tenda pengungsian telah didirikan dan penyiagaan perahu karet sejumlah 3 unit. Dinas PUPR membantu dengan pengoperasian mobil toilet.


Photo Credit: Kawasan Jakarta pada saat tergenang banjir, terlihat sejumlah tentara melakukan siaga dan pertolongan serta evakuasi penanganan terhadap warga yang terdampak banjir. EPA/SHUTTERSTOCK

 

Yuan Adriles
Latest posts by Yuan Adriles (see all)





Source link

Continue Reading

#BanjirJakarta

Anies: Air Dari Depok Dalam Perjalanan ke Jakarta

Anies: Air Dari Depok Dalam Perjalanan ke Jakarta


Anies: Air Dari Depok Dalam Perjalanan ke Jakarta


Telegraf – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan penjelasan terkait kendala yang menghadang tercapainya target banjir surut di wilayah DKI Jakarta.

Saat meninjau Pintu Air Manggarai Jakarta, Sabtu (20/02/2021), Anies menjelaskan target enam jam banjir surut di wilayah Ibu Kota itu sebenarnya terhitung dari saat debit air di sungai normal atau hujan berhenti.

“Jadi enam jam sesudah airnya surut di sungai, kembali normal, atau enam jam sesudah hujannya berhenti, nah yang terjadi adalah hujannya berhenti, tapi aliran dari hulu masih jalan terus sehingga di situlah menjadi kendala tersendiri,” katanya pada media.

Oleh karena itu, dia menegaskan diperlukan upaya bersama, khususnya untuk mengatasi air kiriman dari wilayah penyangga DKI Jakarta.

“Catatan bahwa air kiriman dari kawasan hulu, dan dari kawasan tengah, kawasan hulu itu kawasan Bogor, kawasan tengah itu kawasan Depok, itu sekarang dalam perjalanan ke Jakarta. Nah, dalam perjalanan ke Jakarta itu tentu berdampak pada kawasan kawasan yang ada di sekitarnya,” jelasnya.

Namun, Anies menjelaskan bahwa prioritas Pemprov DKI Jakarta dalam situasi ekstrem ini adalah keselamatan warga. Di samping itu, dia mengatakan pihaknya memastikan kawasan utama Ibu Kota tidak tanpa genangan air.

“Alhamdulillah, kawasan utama Ibu Kota tidak tergenang. Itu karena sejak tadi malam dikendalikan dari Manggarai. Di sini poskonya sehingga pengendalian pintu-pintu air berjalan dengan baik.” imbuhnya.

Adapun, Anies juga menjelaskan bahwa wilayah Ibu Kota dilanda hujan dengan intensitas ekstrem sejak Jumat (19/2/2021) malam. Dia memerinci, berdasarkan laporan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), curah hujan di DKI sejak semalam bahkan mencapai 226 milimeter (mm) per hari.

Menurutnya, dalam pembagian skala, intensitas hujan lebat mencapai 100 mm, kemudian hujan sangat lebat pada 100 mm-150 mm, sedangkan di atas 150 mm masuk kategori hujan ekstrem.


Photo Credit: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat meninjau Pintu Air Manggarai, Jakarta. FILE/IST. PHOTO

 

A. Chandra S.
Latest posts by A. Chandra S. (see all)





Source link

Continue Reading
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Trending Dari BuzzFeed

close