Connect with us

FEED

Atasi Pandemi Covid-19, Malaysia Membutuhkan Pemerintahan Baru

Atasi Pandemi Covid-19, Malaysia Membutuhkan Pemerintahan Baru



TRIBUNNEWS.COM, KUALA LUMPUR – Jika Malaysia membutuhkan pemimpin baru untuk mengelola negara, lebih baik membentuk pemerintahan baru daripada membentuk Dewan Operasi Nasional atau Majlis Gerakan Negara (MAGERAN), kata mantan menteri Zaid Ibrahim, Kamis (10/6/2021).

Dalam sebuah postingan di akun Facebook-nya, mantan menteri hukum tersebut mempertanyakan mengapa wacana pembentukan badan itu diusulkan, sementara tidak ada negara lain di dunia yang menggunakan tindakan seperti itu.

Zaid mengatakan, komite yang lebih kecil seperti MAGERAN tidak menjamin efektifitas dan tidak ada jaminan akan terbebas dari unsur politik.

Jika Yang di-Pertuan Agong sampai pada kesimpulan bahwa Malaysia membutuhkan pemimpin baru untuk mengelola pandemi dan ekonomi, katanya, akan lebih baik jika pemimpin oposisi Anwar Ibrahim membentuk pemerintahan baru atau menunjuk perdana menteri sementara.

Baca juga: POPULER INTERNASIONAL Raja Malaysia Panggil Para Pemimpin Politik | Hukuman Penampar Emmanuel Macron

Baca juga: Kasus Covid-19 Harian di Malaysia Kembali di Atas 6.000, Tambahan Infeksi Tertinggi di Selangor



Mantan menteri Zaid Ibrahim (kiri) dan pemimpin oposisi Anwar Ibrahim (freemalaysiatoday)


© freemalaysiatoday
Mantan menteri Zaid Ibrahim (kiri) dan pemimpin oposisi Anwar Ibrahim (freemalaysiatoday)

“Jika dukungan mayoritas pemimpin oposisi jelas dan dia memiliki mayoritas yang bisa diterapkan di Parlemen, maka Anwar harus diundang untuk membentuk pemerintahan baru,” ungkap Zaid.

“Efektivitas pemerintah dalam menangani masalah kronis sangat tergantung pada dukungan yang diberikan kepada pemimpin.”

“Namun, jika mayoritasnya tidak cukup besar untuk dapat menahan penyeberangan dan pembelotan, maka perdana menteri sementara harus ditunjuk.”

“Dia harus menjadi seseorang yang dapat diterima oleh mayoritas partai politik di Parlemen sehingga dia dapat melakukan pekerjaan tanpa gangguan.”

“Seorang perdana menteri sementara yang masa jabatannya pendek, katakanlah untuk jangka waktu 12 bulan, tidak akan menarik ‘komplotan’ yang bekerja dengan katak di Parlemen untuk menggulingkan pemerintah.”

Dengan perdana menteri sementara yang terutama bertugas mengelola pandemi secara efektif dan mempersiapkan bangsa untuk pemilihan umum berikutnya, masa jabatan mereka sebagian besar tidak akan terganggu, katanya.

Rabu (9/6/2021) Zaid mengusulkan agar veteran Umno Tengku Razaleigh Hamzah menjadi perdana menteri sementara karena ia adalah tokoh politik yang terpercaya dan berpengalaman, Free Malaysia Today melaporkan.

Namun Zaid menyebut bahwa belum tidak pasti Muhyiddin Yassin akan diganti sebagai perdana menteri.

Sebab, hal itu adalah hak Istana untuk memutuskan.

Namun, katanya, Muhyiddin bisa mengalami “malam tanpa tidur” jika Raja ingin mengumpulkan kembali Parlemen bahkan saat ia tetap menjadi perdana menteri.

“Dia (Muhyiddin) akan mengalami malam tanpa tidur jika dukungannya di Parlemen sebenarnya kurang dari mayoritas.”

“Mungkin bisa saja menyembunyikan tingkat dukungan Anda di balik konferensi pers, tetapi tidak ketika Anda berdiri di Parlemen untuk dilihat dunia,” ucapnya.

Raja Panggil Para Pemimpin Partai Politik

Sementara itu, di hari yang sama, Raja Malaysia mulai mengadakan audiensi dengan partai-partai politik di tengah kemarahan publik atas penanganan Covid-19 yang dianggap gagal.

Dilansir Bloomberg, Yang di-Pertuan Agong Malaysia bertemu dengan Anwar Ibrahim pada Rabu pagi untuk membahas isu-isu terkini, kata pemimpin oposisi itu di luar gerbang istana.

Isu itu di antaranya keadaan darurat yang sedang berlangsung, infeksi Covid-19, dan kepercayaan publik, serta investor, tambah Anwar.

“Yang Mulia terbuka untuk mendengarkan semua pandangan selama satu jam,” kata Anwar kepada wartawan.

“Raja mendapat informasi yang baik tentang situasi Malaysia dan mempertimbangkan berbagai perspektif,” katanya.

Baca juga: Cegah Covid-19, Polisi di Malaysia Gunakan Drone untuk Deteksi Suhu Tubuh Orang-orang di Tempat Umum

Baca juga: Pemuda 21 Tahun Alami Trauma setelah Dipukul dan Dicuri Uangnya Diduga oleh Polisi Kerajaan Malaysia

Anwar menyebut masalah pergantian pemerintahan tidak muncul selama diskusi mereka.

Ia mendesak raja untuk melakukan yang terbaik untuk mencegah pemerintah memperpanjang keadaan darurat, yang baru akan berakhir pada Agustus.

Namun, raja terikat pada semangat monarki konstitusional Malaysia, di mana ia bertindak atas saran perdana menteri, kata Anwar.

Sementara itu, Ketua Partai Aksi Demokratik dijadwalkan bertemu dengan raja pada Rabu sore, ujar Anthony Loke, sekretaris nasional partai oposisi, dalam sebuah postingan di Facebook.

Mantan perdana menteri Mahathir Mohamad kemudian mengadakan sesi terpisah dengan raja pada Kamis, Bernama melaporkan, mengutip seorang pemimpin partai.

Suasana politik Malaysia telah memburuk karena ketidakpuasan publik atas penanganan pandemi yang dilakukan oleh pemerintah, tulis Fitch Solutions dalam sebuah laporan Senin.

Meningkatnya kemarahan publik kemungkinan akan mempengaruhi persatuan pemerintah.

Warga Malaysia bisa saja turun ke jalan jika pemilihan tidak diadakan dalam beberapa bulan mendatang, ujar laporan tersebut.

Raja Malaysia berpotensi menghentikan itu terjadi.

Baca juga: Atta Tegas Membantah Keluarga Halilintar Diusir dari Malaysia, Aurel: pada Suruh Nyusulin

Baca juga: Kerahkan 40 Truk, Malaysia Luncurkan Vaksinasi Covid-19 Massal Secara Mobile

Raja memiliki kemampuan untuk mencabut keadaan darurat yang sedang berlangsung.

Status darurat diumumkan sejak Januari agar pemerintah dapat mengatasi pandemi.

Keadaan darurat memungkinkan Perdana Menteri Muhyiddin Yassin untuk menangguhkan Parlemen, di mana ia menghadapi perbedaan pendapat yang meningkat di sana.



Muhyiddin Yassin Perdana Menteri Malaysia Baru yang dilantik pada Minggu (1/3/2020) (Bernama)


© Disediakan oleh tribunnews.com
Muhyiddin Yassin Perdana Menteri Malaysia Baru yang dilantik pada Minggu (1/3/2020) (Bernama)

Muhyiddin Yassin dapat memberlakukan undang-undang sementara tanpa persetujuan legislatif.

Namun, status darurat rupanya tidak membantu menahan wabah.

Malaysia kembali ke lockdown ketat bulan ini setelah infeksi harian mencapai rekor 9.000 pada akhir Mei, membebani sumber daya rumah sakit negara.

Baca juga: Demi Hentikan Rekor Buruk, Pelatih Malaysia Rela Jadi Mata-mata Laga Vietnam Jumpa Indonesia

Baca juga: Gen Halilintar Dikabarkan Diusir dari Malaysia karena Tak Taat Prokes, Atta: Itu Gosip

Wabah yang memburuk telah mendorong seruan agar Parlemen berkumpul kembali.

Pada hari Jumat, Malaysia mengatakan sedang mempelajari kemungkinan mengizinkan anggota parlemen untuk berpartisipasi secara online.

Raja Malaysia Mulai Menjadi Pusat Perhatian

Setelah berada di latar belakang politik nasional selama beberapa dekade, raja Malaysia mulai menjadi pusat perhatian sejak tahun lalu.

Raja bergerak untuk mengisi kekosongan yang ada setelah pengunduran diri mendadak Mahathir sebagai perdana menteri.

Raja menyelesaikan kebuntuan selama seminggu dengan menunjuk Muhyiddin untuk menjadi perdana menteri tanpa pemungutan suara parlemen.

Di saat itu, para pemimpin oposisi telah mencari pertemuan dengan raja sambil bersaing untuk mendapatkan kekuasaan.

(Tribunnews.com, Tiara Shelavie)

Berita lainnya dari Malaysia



Source link

Advertisement
Click to comment

FEED

Respek! Ini Peran Kubu Finlandia saat Insiden Christian Eriksen Kolaps

Respek! Ini Peran Kubu Finlandia saat Insiden Christian Eriksen Kolaps




Momen ketika Christian Eriksen mendapatkan perawatan saat mengalami kolaps ketika pertandingan berlangsung. Foto: REUTERS/Hannah McKay


© Disediakan oleh Kumparan
Momen ketika Christian Eriksen mendapatkan perawatan saat mengalami kolaps ketika pertandingan berlangsung. Foto: REUTERS/Hannah McKay


Laga Grup B Euro 2020 antara Denmark vs Finlandia, Sabtu (12/6) malam WIB, diwarnai insiden besar. Christian Eriksen tiba-tiba kolaps di tengah pertandingan.

Insiden ini terjadi di menit ke-43. Eriksen, yang tengah menerima bola lemparan masuk terjatuh dan tak sadarkan diri di atas lapangan. Tim medis lalu dengan cepat memberikan pertolongan.

Saat insiden itu terjadi, beberapa pihak berusaha memberikan dukungan maksimal terhadap Eriksen. Tak terkecuali dari kubu lawan, Finlandia.

Ketika Eriksen tengah diberi pertolongan, rekan-rekannya membuat formasi yang menutupi Eriksen untuk menjaga privasi sang penggawa Inter Milan itu. Nah, para pemain ini lalu menutup ruang tersebut dengan bendera Finlandia.





© Disediakan oleh Kumparan



Menurut kabar yang beredar, bendera Finlandia itu didapatkan dari para fans Finlandia.

Tak sampai di situ, fans Finlandia juga menyorakkan nama Eriksen bersama para fans Denmark guna memberi dukungan. Hal ini terlihat dalam video yang diunggah beIN Sports di Twitter.

Dalam video itu, tampak para fans Finlandia saling berbalas sorakkan ”Christian Eriksen”. Fans Finlandia meneriakkan ”Christian!”, lalu dibalas oleh fans Denmark dengan teriakan ”Eriksen!”.

Adapun, UEFA sudah memutuskan untuk menunda laga Denmark vs Finlandia karena insiden ini. Kabar terkini menyebut bahwa kondisi Eriksen kini sudah membaik.



Source link

Continue Reading

Berita

Kereta Api Baturraden Ekspress Relasi Purwokerto-Bandung Beroperasi Mulai 25 Juni

Kereta Api Baturraden Ekspress Relasi Purwokerto-Bandung Beroperasi Mulai 25 Juni


JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) segera mengoperasikan KA Baturraden Ekspress relasi Purwokerto-Cikampek-Bandung pergi pulang (PP) mulai 25 Juni 2021.

“Peluncuran KA Baturraden Ekspress ini dalam rangka memberikan pilihan perjalanan kereta api khususnya dari Stasiun Purwokerto ke Bandung yang selama ini hanya dilayani oleh KA Serayu relasi Purwokerto-Kroya-Kiaracondong-Pasarsenen,” kata Kepala PT KAI Daerah Operasi 5 Purwokerto Joko Widagdo dilansir dari Antara, Minggu.

Ia mengatakan KA Baturraden Ekspress terdiri atas dua kelas layanan, yakni eksekutif dengan tarif Rp160 ribu dan kelas bisnis dengan tarif Rp130 ribu.

Menurut dia, perjalanan perdana KA Baturraden Ekspress akan dilaksanakan pada Jumat, 25 Juni dengan jadwal keberangkatan dari Stasiun Purwokerto pada pukul 05.40 WIB.

Dalam perjalanannya, KA Baturraden Ekspress dijadwalkan berhenti di Stasiun Bumiayu, Prupuk, Cirebon, Jatibarang, Cikampek, Purwakarta, Cimahi, dan tiba di stasiun Bandung pada pukul 12.09 WIB.

Sementara, jadwal KA Baturraden Ekspress relasi Bandung-Cikampek-Purwokerto, berangkat dari Stasiun Bandung pukul 16.30 WIB dan akan berhenti di Stasiun Cimahi, Purwakarta, Cikampek, Jatibarang, Cirebon, Prupuk, Bumiayu, serta tiba di Stasiun Purwokerto pada pukul 22.54 WIB.

Selanjutnya, perjalanan KA Baturraden Ekspress akan beroperasi kembali pada 27 Juni, 2 Juli, dan 4 Juli 2021.

“Walaupun di tengah pandemi, KAI terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan dengan meluncurkan satu perjalanan baru kereta api relasi Purwokerto-Cikampek-Bandung PP yang diberi nama KA Baturraden Ekspress. Kereta api ini diharapkan dapat menjadi pilihan bagi pelanggan tujuan Bandung dan sekitarnya yang selama ini dilayani KA Serayu relasi Purwokerto-Kroya-Kiaracondong-Pasarsenen PP,” kata Joko.

Ia mengatakan sebagai upaya optimalisasi, pendapatan angkutan penumpang dengan memanfaatkan bangku kosong pada relasi tertentu, maka akan diberlakukan pula tarif khusus pada KA Baturraden Ekspress.

Menurut dia, relasi tertentu tersebut di antaranya untuk perjalanan Purwokerto-Cirebon diterapkan tarif khusus sebesar Rp65 ribu untuk kelas eksekutif dan Rp45 ribu untuk kelas bisnis.

“Pemesanan tiket KA Baturraden Ekspress untuk keberangkatan tanggal 25 Juni 2021 sudah dapat dilayani dan dipesan melalui aplikasi KAI Access maupun kanal resmi yang bekerja sama dengan PT KAI (Persero),” katanya menjelaskan.

Kendati demikian, dia menambahkan bagi pelanggan kereta api jarak jauh masih harus melampirkan surat keterangan bebas dari COVID-19 berupa surat keterangan negatif berdasarkan tes reaksi rantai polimer (PCR) atau tes antigen yang dapat diambil dalam kurun waktu 3×24 jam atau tes GeNose C19 yang diambil dalam kurun waktu maksimal 1×24 jam.

Menurut dia, PT KAI Daop 5 Purwokerto juga menyediakan fasilitas pemeriksaan antigen dan GeNose untuk membantu melengkapi syarat surat bebas dari COVID-19 tersebut.

Dalam hal ini, pemeriksaan antigen tersedia di tiga stasiun, yakni Purwokerto, Kroya dan Kutoarjo dengan harga Rp85.000, sedangkan pemeriksaan GeNose C19 tersedia di Stasiun Purwokerto, Kroya, Gombong, Kebumen, Kutoarjo, dan Stasiun Sidareja dengan harga Rp30 ribu.

Khusus di Stasiun Purwokerto, jam layanan pemeriksaan antigen dan GeNose C19 setiap harinya dimulai pukul 08.00 WIB hingga 21.00 WIB.

“Dengan adanya aturan tersebut, PT KAI (Persero) senantiasa berkomitmen mendukung program pemerintah dalam upaya untuk mencegah penyebaran dan penularan COVID19 dengan tetap menyediakan jasa layanan transportasi yang sehat, selamat, aman, dan nyaman hingga stasiun tujuan,” kata Joko.

.



Sumber Berita

Continue Reading

FEED

Christian Eriksen Kolaps, Jesse Lingard Langsung Kirim Doa

Christian Eriksen Kolaps, Jesse Lingard Langsung Kirim Doa




Selebrasi Jesse Lingard usai mencetak gol di laga West Ham vs Tottenham Hotspur. Foto: Kirsty Wigglesworth/Reuters


© Disediakan oleh Kumparan
Selebrasi Jesse Lingard usai mencetak gol di laga West Ham vs Tottenham Hotspur. Foto: Kirsty Wigglesworth/Reuters


Jesse Lingard menanggapi insiden kolapsnya Christian Eriksen. Eriksen tiba-tiba terjatuh dalam laga Grup B Euro 2020 antara Denmark vs Finlandia, Sabtu (12/6) malam WIB.

Insiden ini beberapa menit jelang turun minum, tepatnya pada menit ke-43. Eriksen tetiba terjatuh saat menerima operan di atas lapangan.

Sang gelandang lantas langsung diberi pertolongan tim medis. Laga Denmark vs Finlandia sendiri akhirnya resmi ditangguhkan oleh UEFA.

Beberapa pesepak bola pun langsung merespons insiden itu, salah satunya Jesse Lingard.


Momen ketika Christian Eriksen kolaps dalam pertandingan Denmark vs Finlandia di Euro 2020. Foto: REUTERS


© Disediakan oleh Kumparan
Momen ketika Christian Eriksen kolaps dalam pertandingan Denmark vs Finlandia di Euro 2020. Foto: REUTERS


Harapan dan doa untuk Christian Eriksen dan keluarganya. Saya berdoa supaya semuanya baik-baik saja,” tulis Lingard di Twitter pribadinya.Lingard dan Eriksen memang tak pernah bermain untuk klub yang sama. Namun, keduanya sama-sama mentas di Premier League sejak 2013 ketika Eriksen memperkuat Tottenham Hotspur sebelum memutuskan hengkang ke Serie A dengan bergabung Inter Milan pada awal 2020.





© Disediakan oleh Kumparan





Source link

Continue Reading
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Trending Dari BuzzFeed

close