Info

AS Rampungkan Aturan Cegah China Bukukan Keuntungan dari Subsidi Cip AS

Departemen Perdagangan Amerika Serikat (AS) pada Jumat (22/9) mengeluarkan aturan akhir untuk mencegah subsidi manufaktur semikonduktor dimanfaatkan China dan negara-negara lain yang dianggap menimbulkan masalah keamanan nasional AS.

Peraturan tersebut adalah tantangan terakhir sebelum pemerintahan Biden dapat mulai mengalokasi subsidi 39 miliar dollar AS untuk produksi semikonduktor. Undang-undang Chips and Science yang bersejarah tersebut mengalokasikan anggaran sebesar 52,7 miliar dollar AS untuk produksi semikonduktor, penelitian, dan pengembangan tenaga kerja di AS.

Peraturan tersebut, yang pertama kali diajukan pada Maret, menetapkan “pagar pembatas” dengan membatasi penerima dana AS untuk berinvestasi dalam perluasan manufaktur semikonduktor di negara-negara asing yang menjadi perhatian, seperti China dan Rusia. Regulasi tersebut juga membatasi penerima dana insentif terlibat dalam melakukan penelitian bersama atau upaya lisensi teknologi dengan entitas asing yang dianggap berisiko.

Bendera China dan AS terlihat di depan chip semikonduktor, 17 Februari 2023. (Foto: REUTERS/Florence Lo)

Pada Oktober 2022, departemen tersebut mengeluarkan kontrol ekspor baru untuk memutus pasokan cip semikonduktor tertentu yang dibuat dengan peralatan AS dalam upaya memperlambat kemajuan teknologi dan militer Beijing.

“Kita harus benar-benar waspada bahwa tidak satu sen pun dari hal ini akan membantu China untuk lebih maju dari kita,” Menteri Perdagangan Gina Raimondo mengatakan kepada Kongres pada Selasa (19/9).

Jika penerima dana melanggar pembatasan, Departemen Perdagangan dapat mengambil kembali dana federal yang diberikan.

Raimondo mengatakan kepada Kongres bahwa dia bekerja secepat mungkin agar hal itu disetujui.

“Saya merasakan tekanannya,” kata Raimondo. “Kita tertinggal, tetapi yang lebih penting adalah kita melakukannya dengan benar. Dan jika kita membutuhkan waktu satu bulan atau beberapa minggu lagi untuk memperbaikinya, saya akan mempertahankannya karena itu perlu.”

Peraturan tersebut melarang penerima dana untuk memperluas kapasitas produksi semikonduktor secara signifikan di negara asing yang menjadi perhatian selama 10 tahun. Peraturan ini juga membatasi penerima dari beberapa penelitian bersama atau upaya pemberian izin teknologi dengan lembaga asing yang menjadi perhatiannya. Namun mengizinkan standar internasional, pemberian hak paten, dan pemanfaatan jasa pengecoran dan pengemasan.

Aturan terakhir melarang perluasan material kapasitas produksi semikonduktor untuk fasilitas terdepan dan maju di negara asing yang menjadi perhatian selama 10 tahun. Hal ini juga mengklarifikasi bahwa produksi wafer termasuk dalam manufaktur semikonduktor.

Aturan tersebut juga mengklasifikasikan beberapa semikonduktor sebagai hal yang penting bagi keamanan nasional, sehingga memicu pembatasan yang lebih ketat, termasuk cip komputasi kuantum generasi saat ini dan node dewasa (mature-node chips), dalam lingkungan intensif radiasi, dan untuk kemampuan militer khusus lainnya. [ah/ft]

Sumber Berita

Apa Reaksimu?

Lainnya Dari BuzzFeed