Connect with us

ASIA PASIFIK

Apakah Gua Sha Bekerja? Apa yang Dilakukan Dua Minggu dalam Mencoba Tren Kecantikan pada Wajah Saya.

Apakah Gua Sha Bekerja?  Apa yang Dilakukan Dua Minggu dalam Mencoba Tren Kecantikan pada Wajah Saya.


Tapi Y Tho mengeksplorasi sejumlah besar tren yang lucu, aneh, dan ganjil untuk memberikan jawaban yang telah lama dicari atas pertanyaan-pertanyaan yang telah melayang-layang di benak kita.


Sekitar sebulan yang lalu, Lizzo memberikan pratinjau rutinitas kecantikannya kepada penggemar TIK tok. “Kalian, aku punya gua sha,” penyanyi itu diumumkan saat dia menyelipkan apa yang tampak seperti keripik kentang di sepanjang garis rahangnya.

Alat sederhana membuat gelombang besar di ruang kecantikan. Menggunakan batu pipih konon akan mengikis lembut wajah Anda membantu mengurangi jerawat dan memahat bengkak sambil menawarkan Pengalaman sentuhan yang layak untuk ASMR.

Angka pencarian Google mengungkapkan bahwa minat terhadap gua sha meningkat sekitar lima kali pada bulan April dibandingkan dengan Februari; sekarang juga diberi tag di lebih dari 300.000 kiriman di Instagram.

Gua sha berakar pada pengobatan tradisional Tiongkok (TCM) dan telah ada sejak lama ribuan tahun sebagai cara untuk meringankan gejala berbagai penyakit. Tapi itu mendapat perhatian baru dalam beberapa tahun terakhir dari influencer kecantikan yang mengoceh tentang manfaat wajah yang seharusnya. Apa yang dulunya pengobatan profil rendah sekarang menjadi kultus Kecantikan kecenderungan.

Tumbuh di Singapura dengan anggota keluarga yang rutin menjalani perawatan TCM, saya mengenal gua sha sebagai prosedur intensif yang meninggalkan bekas merah di seluruh tubuh Anda. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa gua sha tubuh tradisional mungkin membantu pemulihan otot. Namun, sedikit penelitian telah dilakukan tentang keefektifan wajah gua sha. Namun, bongkahan batu yang datar ada di lemari obat dan meja rias di seluruh dunia, bersaing dengan estetika kebugaran yang tersebar di seluruh Instagram.

“Tumbuh di Singapura dengan anggota keluarga yang rutin menjalani perawatan TCM, saya tahu gua sha sebagai prosedur intensif yang meninggalkan bekas merah di seluruh tubuh Anda.”

Tentu saja, ketenaran barunya membuat saya bertanya-tanya: Mengapa begitu banyak orang tiba-tiba terobsesi dengan gua sha? Apakah ini benar-benar berfungsi?

Apa itu gua sha?

Saya ingin tahu lebih banyak tentang gua sha sebelum mengikuti jejak para influencer kecantikan, jadi saya beralih ke seorang praktisi. Menurut Yeo Wei Ling Tricia, seorang dokter di Kin Teck Tong, sebuah klinik pengobatan tradisional Tiongkok di Singapura, ada dua jenis utama gua sha: satu untuk tubuh dan satu untuk wajah. Sementara gua sha tubuh tradisional sering meninggalkan “tanda seperti memar” di sepanjang jalurnya, gua sha wajah melibatkan “teknik yang jauh lebih lembut,” katanya.

“Inti dari gua sha wajah adalah untuk merangsang lapisan dermis kulit untuk meningkatkan elastisitas dan melepaskan ketegangan untuk mengendurkan otot wajah Anda,” kata Yeo, menambahkan bahwa ini biasanya dilakukan dengan mengikis sepotong batu giok atau kuarsa mawar pada kulit Anda. wajah dalam gerakan ke atas. Ini dimaksudkan untuk mengendurkan otot yang kaku dan meningkatkan drainase jaringan.

Tapi peringatan: gua sha bukan untuk semua orang.

“Anda tidak boleh melakukan gua sha dalam bentuk apa pun jika Anda mengonsumsi antikoagulan (obat yang mencegah atau mengurangi kemampuan pembekuan darah). Sebaiknya berkonsultasi dengan dokter TCM jika Anda menghadapi masalah kulit seperti jerawat atau rosacea, ”kata Yeo.

Aileen Teng, pendiri Probeau Wellness, sebuah klinik berbasis di Singapura yang mengkhususkan diri pada perawatan wajah gua sha di antara perawatan perawatan kulit lainnya, memperingatkan agar tidak mempraktikkan gua sha pada luka, bintik-bintik terbakar matahari, dan kulit sensitif. Dia juga merekomendasikan mengoleskan lotion ke wajah Anda sebelum gua sha untuk menghindari meninggalkan bekas di kulit.

Alat apa yang Anda gunakan untuk gua sha?

Secara tradisional, gua sha dibuat dengan sendok keramik dan koin tumpul. Saat ini, perkakas gua sha lebih populer dikenal sebagai potongan batu pipih yang hadir dalam berbagai bentuk, ukuran, dan bahan. semuanya menawarkan manfaat yang sedikit berbeda satu sama lain.

bagaimana cara menggunakan gua sha untuk kecantikan?

Alat gua sha saya. Foto: Koh Ewe

Beberapa percaya bahwa jenis batu tertentu lebih cocok untuk orang tertentu. Misalnya, sifat mendinginkan batu giok diklaim baik untuk menyeimbangkan kulit, sedangkan kuarsa mawar lebih cocok untuk terapi spiritual dan kulit berjerawat.

Namun kenyataannya, mineral tersebut mungkin lebih untuk ‘gram’.

Teng berkata bahwa jenis batu tidak terlalu penting untuk gua sha.

“Kamu bisa menggunakan apa saja asalkan tidak tajam [and] teknik dan arahannya sudah benar, ”ujarnya. Untuk gua sha wajah, misalnya, Anda harus mengikis ke arah luar dari tengah wajah dan mengikis ke satu arah, bukan bolak-balik.

Apa manfaat gua sha?

Sebagian besar manfaat gua sha didasarkan pada kepercayaan pada pengobatan tradisional Tiongkok.

“Di TCM, gua sha dipercaya bisa memindahkan darah dan qi,” kata Yeo. Gerakan mengikis dipercaya dapat merangsang meridian wajah (saluran energi yang ditemukan di seluruh tubuh), menghilangkan kelebihan cairan dari wajah dan membantu detoksifikasi. Menurut Yeo, wajah gua sha dapat memberikan “pancaran cahaya alami” dengan meningkatkan sirkulasi darah dan membantu aliran limfatik.

Sedangkan Teng memberikan perspektif yang lebih spiritual. Menurut kebijaksanaan pengobatan tradisional Tiongkok, orang dengan terlalu banyak energi Yang di tubuh mereka cenderung menjadi “panas”, yang menyebabkan wajah kemerahan, sementara orang dengan energi Yin lebih cenderung memiliki kulit pucat dan kusam. Diyakini bahwa gua sha dapat membantu menyeimbangkan yin dan yang.

Bagaimana Anda gua sha di rumah?

Sementara gua sha untuk penyakit seperti demam atau nyeri otot sebaiknya diserahkan kepada para profesional, gua sha wajah sangat mudah diakses sebagai rutinitas kecantikan.

“Kabar baiknya, sebenarnya tidak ada cara yang benar atau salah untuk melakukan facial gua sha. Lakukan apa yang terasa baik untukmu, ”kata Yeo.

Dia merekomendasikan untuk meletakkan alat gua sha di lemari es semalaman, jadi akan bagus dan sejuk di pagi hari — siap untuk diisi ulang. Anda juga bisa memasukkan gua sha ke dalam rutinitas malam Anda setelah membersihkan wajah, tetapi sebelum memakai krim malam.

“Sirkulasi yang lebih baik akan membantu meningkatkan penyerapan produk Anda,” kata Yeo.

Jika Anda sudah siap dengan alat gua sha, Yeo merekomendasikan langkah-langkah berikut untuk rutinitas sehari-hari yang sederhana:

  1. Mulailah di tengah dahi Anda dan lanjutkan ke arah pelipis, sampai ke garis rambut. Ulangi tiga kali di setiap sisi.
  2. Tekan dan tahan alat dengan lembut di bawah setiap mata, lalu di atas setiap mata, dengan kelopak mata tertutup. Sapu alat gua sha ke area bawah mata dengan lembut dan keluar ke kuil, sampai ke garis rambut. Ulangi tiga kali di setiap sisi.
  3. Arahkan alat pada 45 derajat dengan gerakan mengangkat ke atas, kerjakan dari garis senyum Anda dan ke seluruh pipi Anda. Lakukan sekitar delapan sapuan di setiap arah.
  4. Arahkan alat dengan lembut dari tengah dagu Anda di sepanjang garis rahang ke arah telinga. Pindahkan alat ke belakang daun telinga, lalu ke leher untuk mengalirkan cairan berlebih ke kelenjar getah bening. Ulangi tiga kali di setiap sisi.

Apakah gua sha cocok untukku?

Tentu saja, saya harus mencoba gua sha sendiri.

Sebagai korban abadi rasa bengkak di pagi hari yang serius, saya biasanya hanya merasakan kembung seiring berlalunya waktu. Dengan janji depuffing instannya, saya tahu saya harus menguji alat kecantikan kultus. Gua sha adalah hal pertama yang saya lakukan setelah bangun tidur.

Rol wajah gua sha dan giok adalah tren kecantikan populer dari pengobatan tradisional Cina (TCM).

Mencoba gua sha pada hari yang berbeda. Kolase: VICE / Gambar: Koh Ewe

Saya mengoleskan sedikit pelembab di wajah saya dan mulai mengikis dengan alat giok gua sha. Tapi saya tidak terbiasa melembabkan setiap hari, jadi ini membuat saya merasa berminyak untuk sebagian besar hari. Ketika saya pertama kali mulai mengikis secara canggung dengan perangkat datar, menavigasi ketidakrataan wajah saya adalah sesuatu yang harus saya biasakan.

Mengesampingkan ketidaknyamanan kecil ini, bagaimanapun, saya menemukan bahwa gua sha adalah metode yang efektif untuk mengeringkan wajah saya di pagi hari. Di titik-titik tertentu, tekanan dari alat gua sha berfungsi sebagai pijatan yang sangat memuaskan.

Hasil gua sha pada wajah bengkak di pagi hari.

Suatu pagi sebelum dan sesudah gua sha. Mataku terasa kurang berat dan lebih terjaga. Kolase: VICE / Gambar: Koh Ewe

Selain rutinitas pagi gua sha saya yang terjadwal, memiliki alat yang tidak mencolok tepat di ujung jari saya berarti saya menggunakannya untuk memijat wajah saya secara berkala sepanjang hari, kadang-kadang selama bekerja atau ketika saya beristirahat sebelum tidur. Jika tidak ada yang lain, saya menemukan bahwa menggaruk wajah saya dengan lembut adalah bentuk terapi yang sangat diremehkan untuk menggosok alis saya yang berkerut ke dalam keadaan relaksasi meditatif.

Saat ini, perangkat gua sha sering kali dilengkapi dengan penggulung wajah, penemuan praktis yang berakar pada logika yang sama dan membanggakan klaim kecantikan yang serupa. Setelah minggu saya dengan gua sha datar, saya beralih ke roller wajah giok selama seminggu lagi.

mencoba roller wajah giok untuk membantu mengatasi jerawat, kulit kusam, lingkaran mata.

Mencoba roller giok. Kolase: VICE / Gambar: Koh Ewe

Rol wajah pasti lebih ramah pemula. Setelah menonton beberapa tutorial online, pada dasarnya saya adalah seorang ahli. Dan karena dirancang untuk meluncur dengan mulus di kulit, saya tidak perlu mengoleskan lotion apa pun sebelum menggulung wajah saya.

Rol wajah juga memiliki dua ujung rol yang ukurannya berbeda. Saya menggunakan ujung yang lebih kecil di bawah mata saya, menyapu dari sudut dalam ke pelipis saya, sedangkan ujung yang lebih besar saya gunakan untuk sisa wajah dan garis rahang saya.

Sebagai bagian dari rutinitas pagi saya, roller wajah membuka mata — secara harfiah. Ini membantu membuka mata pagi saya yang bengkak. Saya tidak yakin apakah fotonya tampak sangat berbeda, tetapi menurut saya cukup efektif untuk mengurangi beban. Dan detak kusam di wajahku sesudahnya pasti membuatku merasa terjaga dan siap untuk hari yang akan datang.

Hasil penggunaan rol wajah giok untuk bengkak di pagi hari.

Suatu pagi sebelum dan sesudah menggunakan jade roller di wajah saya. Kolase: VICE / Gambar: Koh Ewe

Dua minggu yang lalu saya akan mencemooh gagasan mengikis wajah saya dengan batu dan menyebutnya sebagai rutinitas kecantikan, tetapi teknik TCM ini sebenarnya telah membantu mengurangi bengkak harian dan lingkaran hitam pada mata. Jika perubahan ini tidak jelas, saya juga menyukai ritual itu semua, dan itu sudah cukup bagi saya. Perawatan diri!

“Jika perubahan ini tidak jelas, saya juga menyukai ritual itu semua, dan itu sudah cukup bagi saya.”

hasil facial roller gua sha dan giok pada lingkaran mata, kulit kusam, jerawat, retensi air sembab di wajah.

(Kiri) Profil saya pada hari pertama perjalanan gua sha saya. (Tengah) Satu minggu ke gua sha. (Kanan) Pada hari terakhir dari percobaan dua minggu. Kolase: VICE / Gambar: Koh Ewe

Gua sha cukup sederhana untuk digunakan, tetapi kemudahan mutlak untuk mengambil roller wajah dan berlayar dengannya setiap pagi telah membuatku menjadi mualaf. Saya mungkin memesan gua sha datar untuk malam perawatan diri khusus di rumah, tetapi sepupu roda dua inilah yang akan saya lakukan setiap pagi.

Ikuti Koh Ewe di Instagram.



Advertisement
Click to comment

ASIA PASIFIK

Penutupan Koran Hong Kong, ‘Hari yang Menyedihkan’

Penutupan Koran Hong Kong, ‘Hari yang Menyedihkan’



Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menyebut penutupan surat kabar independen Hong Kong, Apple Daily, sebagai “hari yang menyedihkan bagi kebebasan pers di Hong Kong dan seluruh dunia,” menyalahkan China atas “penindasan yang intensif.”

“Melalui penangkapan, ancaman, dan pemaksaan melalui Undang-Undang Keamanan Nasional yang menghukum kebebasan berbicara, Beijing bersikeras menggunakan kekuatannya untuk menekan media independen sekaligus membungkam perbedaan pendapat,” kata Biden dalam sebuah pernyataan.

Presiden AS itu menuduh Beijing mengingkari “kebebasan dasar dan menyerang otonomi dan institusi serta dan proses demokrasi di Hong Kong.”

Perusahaan induk pro-demokrasi Apple Daily yang berbasis di Hong Kong mengumumkan, Rabu (23/6), bahwa publikasi mereka akan ditutup minggu ini.

Keputusan penutupan Apple Daily itu diambil hampir seminggu setelah lebih dari 500 polisi menggerebek kantor surat kabar itu dan menangkap pemimpin redaksi, Ryan Law, bersama empat eksekutif surat kabar itu dan penerbit Next Digital. Pihak berwenang telah membekukan aset senilai $2,3 juta, sehingga perusahaan itu tidak dapat membayar stafnya.

Ryan Law dan pimpinan eksekutif Cheung Kim-hung didakwa telah berkolusi dengan negara asing, dan tidak diberi kesempatan bebas dengan jaminan.

Apple Daily dan penerbitnya, Jimmy Lai yang berusia 73 tahun, pendiri sekaligus pemilik Next Digital, telah menjadi target otoritas Hong Kong sejak China memberlakukan undang-undang keamanan nasional yang ketat Juni lalu.

Kantor surat kabar itu digerebek Agustus 2020 setelah Lai ditangkap di rumahnya atas dugaan kolusi dengan pihak asing. [mg/lt]

Continue Reading

ASIA PASIFIK

Presiden Afghanistan Tiba di AS untuk Pertemuan dengan Biden

Presiden Afghanistan Tiba di AS untuk Pertemuan dengan Biden



Presiden Afghanistan Ashraf Ghani hari Kamis (24/6) tiba di Amerika menjelang pertemuannya dengan Presiden Joe Biden di Gedung Putih hari Jumat (25/6).

Pesawat yang membawa pemimpin Afghanistan itu dan juga tokoh perdamaian Dr. Abdullah Abdullah mendarat Kamis pagi di pinggiran Washington DC.

Pertemuan tatap muka pertama diantara Biden dan pejabat-pejabat Afghanistan ini berlangsung menjelang penarikan mundur sisa pasukan Amerika dan NATO dari Afghanistan pada 11 September mendatang, yang sejalan dengan perintah Biden untuk menutup apa yang digambarkannya sebagai “perang abadi.”

Juru bicara Gedung Putih Jen Psaki hari Minggu (20/6) lalu mengatakan Biden “sangat menantikan pertemuannya” dengan para pemimpin Afghanistan dan akan memastikan terus berlanjutnya dukungan diplomatik, ekonomi dan kemanusiaan Amerika pada negara yang sedang bergejolak itu.

“Lawatan Presiden Ghani dan Dr. Abdullah akan menyoroti kemitraan abadi diantara Amerika dan Afghanistan ketika penarikan mundur pasukan militer terus berlanjut,” ujarnya.

Psaki menekankan bahwa Amerika “akan terus mendukung penuh proses perdamaian yang sedang berlangsung dan menyerukan kepada seluruh pihak di Afghanistan untuk ikut serta secara penuh dalam perundingan untuk mengakhiri konflik itu.”

Penarikan mundur pasukan, yang secara resmi dimulai 1 Mei lalu, telah memicu eskalasi pertempuran yang belum pernah terjadi sebelumnya antara pasukan keamanan Afghanistan dan pemberontak Taliban. Ini merupakan pukulan terbaru terhadap perundingan damai yang dimediasi Amerika diantara mereka yang berselisih di Afghanistan, yang berjalan sangat lambat. [em/jm]

Continue Reading

ASIA PASIFIK

Diduga Lakukan Kerja Paksa, AS Batasi Perdagangan 5 Perusahaan di Xinjiang

Diduga Lakukan Kerja Paksa, AS Batasi Perdagangan 5 Perusahaan di Xinjiang



Amerika telah memberlakukan pembatasan perdagangan terhadap lima perusahaan China yang diduga menggunakan tenaga kerja paksa di wilayah Xinjiang.

Gedung Putih hari Kamis (24/6) mengatakan perusahaan-perusahaan itu menggunakan tenaga kerja paksa warga Muslim-Uighur dan kelompok minoritas Muslim lainnya, dengan persetujuan pemerintah China.

Dalam sebuah pernyataan Gedung Putih mengatakan, “Penggunaan kerja paksa oleh Republik Rakyat China di Xinjiang merupakan bagian integral dari pelanggaran sistematis terhadap warga Uighur dan kelompok etnis serta agama minoritas lainnya, dan mengatasi pelanggaran ini akan tetap menjadi prioritas utama pemerintahan Biden-Harris.”

Amerika melarang impor produk berbasis silika dari Hoshine Silicon Industry Company. Juga melarang ekspor ke Xinjiang Daqo New Energy, Xinjiang East Hope Nonferrous Metals, Xinjiang GCL New Energy Material Technology dan Xinjiang Production & Construction Corps.

Amerika juga menambahkan “polysilicon” yang diduga dibuat oleh tenaga kerja paksa di China, ke dalam “Daftar Barang yang Diproduksi oleh Pekerja Anak atau Kerja Paksa.”

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian menanggapi laporan larangan Amerika itu dengan mengatakan China “akan mengambil semua tindakan yang diperlukan” untuk melindungi hak dan kepentingan perusahaannya.

Dalam KTT G-7 di Cornwall, Inggris, awal Juni lalu, “negara-negara demokrasi dunia berdiri bersatu melawan kerja paksa – termasuk di Xinjiang – dan berkomitmen untuk memastikan agar rantai pasokan global terbebas dari penggunaan kerja paksa,” tegas Gedung Putih. [em/jm]

Continue Reading
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Trending Dari BuzzFeed

close