Kijang Innova Facelift Disebut Warganet Minim Ubahan, Ini Kata Toyota – Berita Otomotif


JAKARTA – Toyota Kijang Innova facelift mendapat komentar negatif dari warganet Indonesia yang menyebutnya tak banyak berubah.

Multi purpose vehicle (MPV) tersebut meluncur secara virtual pada Kamis (15/10/2020), bersamaan dengan Toyota Fortuner facelift. Adapun banderol on-the-road Jakartanya dimulai dari Rp 337,6 – 495,7 juta.

Namun, sebelum peluncuran, foto – foto diduga Kijang Innova facelift sudah bocor dan tersebar ke internet. Gambar – gambar itu terkonfirmasi benar, saat modelnya mengaspal.

Komentar warganet Tanah Air beragam dalam menanggapi foto – foto yang tersebar sebelum peluncuran. Di antaranya adalah komentar miring yang menyebut versi facelift dari MPV medium ini terlihat sama saja.

“Kayak enggak ada bedanya sama yang sebelum facelift” ucap akun Adien Parfum Qu di laman Facebook Mobil123.com.

Nada yang sama dari sebagian warganet juga terpantau di laman Facebook media massa lain. Di antaranya adalah Otodriver.

“Sama saja,” tulis akun Henry Sinaga.


Ketika Mobil123.com meminta tanggapan mengenai hal tersebut, Anton Jimi Suwandy selaku Direktur Pemasaran PT. Toyota Astra Motor (TAM) menjelaskan bahwa pihaknya menerima banyak masukan soal versi terkini Kijang Innova. Menurut dia, di antara masukan – masukan itu, banyak juga yang mengapresiasi.

“Banyak, kok, yang memberikan tanggapan positif terhadap Kijang Innova baru dan Fortuner baru. Seperti yang Pak Henry (Henry Tanoto, Wakil Presiden Direktur TAM—Red) bilang tadi, ada komentar yang menyebutnya lebih gagah, lebih tangguh, dan lebih eksklusif. Saya rasa (berbagai komentar dari warganet) wajar – wajar saya. Saya rasa Kijang Innova facelift ini makin dilihat, makin bagus. Makin keren. Makin tangguh. Mudah-mudahan konsumen bisa rasakan seperti itu juga,” papar dia dalam konferensi pers virtual pascapeluncuran.


Dari sisi eksterior, ubahan paling terlihat dari Kijang Innova facelift adalah gril depan baru berbentuk trapezoid. Ada lagi beragam diferensiasi lain—tergantung tipe—seperti desain bemper, fog lamp halogen/LED, Day-Time Running Light, desain pelek, maupun penambahan spoiler belakang.

Kursi Captain Seat kini juga tersedia di tipe baru G Luxury atau V Luxury. Varian Q, di sisi lain, sudah tidak dijual.

Ada pula fitur-fitur anyar disebar di berbagai tipe Kijang Innova facelift. Terdapat Integrated Air Purifier, Rear Camera Head Unit 8 Inci atau 9 Inci, NFC, Rear Camera dan Rear Seat Entertainment. [Xan/Ari]

Komentar (0)
Add Comment