Deretan Masjid Terbesar di Dunia yang Bikin Takjub

[ad_1]

Ada banyak masjid terbesar di dunia yang bikin takjub umat Islam. Nggak cuma luas, masjid ini juga tampak megah saat dilihat dari luar. Arsitekturnya sangat unik dan membuat jamaah merasa nyaman saat beribadah di sana. Mereka jadi semakin semangat dalam beribadah.

Selain di negara berpenduduk muslim, beberapa masjid besar ini juga terdapat di negara non-muslim. Populasi umat Islam yang terus meningkat, membuat keberadaan masjid atau tempat beribadah ini jadi semakin penting. Masjid ini juga biasanya jadi saksi bisu sejarah perkembangan Islam di dunia.

9 Masjid Terbesar di Seluruh Dunia yang Bikin Takjub

Melihat deretan masjid terbesar di dunia ini akan membuat keimananmu semakin tebal. Disamping arsitekturnya indah, ada banyak sejarah tentang perkembangan Islam yang bisa dipelajari.

1.

Masjid Faisal di Islamabad bisa menampung ribuan jamaah

Masjidil Faisal | www.instagram.com

Di Pakistan, di sana juga ada masjid termegah di dunia. Terletak di Islamabad, Masjid Faisal cukup populer di kalangan jamaah dalam negeri maupun luar negeri. Masjid ini luasnya mencapai 5.000 meter persegi dan bisa menampung 274 ribu jamaah.

Selain arsitekturnya, kondisi geografisnya juga membuat masjid ini terlihat semakin menawan. Pasalnya, Masjid Faisal lokasinya di ujung utara kota dekat kaki Bukit Margalla atau kaki bukit paling barat Pegunungan Himalaya. Hal ini membuat keindahannya semakin lengkap dengan pemandangan menakjubkan di belakangnya.

2.

Masjid Qolsharif di Rusia dengan kubah berwarna biru yang menawan

Masjid Rusia | muslimobsession.com

Jika sebelumnya berada di negara mayoritas muslim, kali ini ada salah satu masjid termegah di dunia yang berlokasi di negara komunis. Masjid Qolsharid di Rusia jadi tempat ibadah umat muslim sekaligus pusat kegiatan warga. Masjid ini dikenal dengan kubah besarnya yang berwarna biru.

Meski jadi kaum minoritas, tapi masjid ini berdiri kokoh dengan arsitektur yang memukau. Interiornya terinspirasi dari Volga Burgarian, Renaissance dan Ottoman. Bagian dalamnya juga bisa menampung lebih dari 6.000 jamaah. Ini bisa membuat umat muslim Rusia bisa beribadah dengan nyaman.

3.

Masjidil Haram, tempat suci umat Islam

Masjidil Haram | www.instagram.com

Masjid terbesar di dunia bagi umat Islam tentu Masjidil Haram atau Masjid Al-Haram. Terletak di Mekkah, Arab Saudi, masjid ini jadi masjid utama sekaligus jadi kiblat muslim di dunia. Luasnya mencapai 990 hektar, meliputi ruang indoor dan outdoor.

Jadi tempat ibadah utama, masjid ini tidak pernah sepi dan buka 24 jam nonstop. Banyak jamaah yang datang untuk melakukan ibadah dan melihat Ka’bah.

Kapasitasnya bisa menampung 4 juta jamaah yang datang pada musim haji serta umrah. Sampai saat ini, pemerintah Arab Saudi masih berusaha memperluas area masjid agar bisa menampung lebih banyak jamaah.

Baca juga: Masjid Tebaik di Indonesia yang Cocok Untuk Wisata Religi

4.

Masjid Nabawi luas dan punya sejarah penting untuk umat Islam

Masjid Nabawi | id.wikipedia.org

Tak jauh dari Masjidil Haram, ada masjid terbesar di dunia lainnya, yaitu Masjid Nabawi. Masjid yang terletak di Madinah ini punya sejarah penting bagi umat muslim. Tempat ibadah ini adalah masjid kedua yang dibangun Nabi Muhammad SAW setelah Masjidil Haram.

Dalam komplek masjid, juga ada makam Nabi Muhammad SAW yang sering dikunjungi oleh jamaah haji dan umrah. Masjid ini juga jadi tempat ibadah yang tidak pernah sepi karena jamaah selalu berdatangan. Saat beribadah di Mekkah dan Madinah, jangan lupa untuk mengunjungi masjid ini juga.

5.

Masjid I-Jahan-Numa di India dengan gaya Mughal

Masjid Warna | www.instagram.com

Meski mayoritas penduduknya beragama Hindu, di India juga ada masjid yang besar dan megah. Salah satunya adalah Masjid I-Jahan-Numa yang terletak di Delhi. Masjid bergaya Mughal ini dibangun pada 1656 pada masa pemerintahan Kaisar Mughal Shah Jahan.

Kapasitas jamaahnya besar dan mampu menampung hingga 25 ribu orang. Ada beberapa peninggalan barang kekaisaran Mughal yang masih ada di sana. Kamu bisa melihat lemari dan juga salinan Al-Quran di atas kulit rusa.

6.

Masjid Al Aqsa yang menjadi tempat terjadinya Isra’ Mi’raj

Masjid Al Aqsa | www.instagram.com

Masjid Al Aqsa adalah masjid terbesar dan terpenting ketiga untuk umat Islam. Setelah Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, tempat ibadah ini yang paling sering jadi tujuan muslim di dunia. Di sinilah tempat Nabi Muhammad SAW melakukan Isra’ Mi’raj. Ia melakukan perjalanan sehari dari Masjidil Aqsa ke Sidratul Muntaha.

Meski kini sedang mengalami pertikaian dengan Israel, tapi tidak membuat umat Islam gentar. Masjid yang berada di Yerussalem ini punya sejarah panjang bagi umat Islam. Di dalamnya juga terdapat kubah batu yang disebut sebagai al-Haram ash-Sharif.

Baca juga: Traveling Lebaran Makin Seru Ke Tempat Wisata Ini

7.

Masjid Agung Sultan Qaboos di Oman yang megah dan indah

Masjid Agung | www.instagram.com

Masjid Agung Sultan Qaboos, Oman jadi masjid terbesar lainnya yang sangat indah dan megah. Uniknya, masjid ini muncul dari sebuah kompetisi dan baru dibangun pada 1995 oleh tim Varillion Alawi LLC. Dengan menara yang tingginya mencapai 90 meter, masjid ini semakin kelihatan kokoh.

Bangunannya didominasi warna nude bagaikan istana zaman dulu. Bagian dalamnya juga luas dan bisa menampung banyak jamaah. Kamu akan dibuat takjub dengan arstektur masjid ini. Pantas saja kalau tim tersebut memenangkan kompetisi.

8.

Masjid Sheikh Zayed Grand di Abu Dhabi luas dan megah

Masjid Abu Dhabi | www.instagram.com

Di Uni Emirat Arab tepatnya di Abu Dhabi, ada masjid terbesar yang sering di kunjungi umat muslim. Masjid Sheikh Zayed Grand Mosque dibangun dari 1966 hingga 2007. Proses pembangunan yang memakan waktu lama ini sebanding dengan hasilnya yang menakjubkan.

Masjid ini luasnya mencapai 12 hektar dan bisa menampung 40 ribu jamaah. Arsitekturnya yang unik memadukan berbagai macam budaya seperti Persia, Mughal, Arab dan Maroko. Didominasi warna putih, masjid ini terlihat seperti istana negeri 1001 malam.

9.

Masjid Nasir Al Mulk di Iran terkenal indah dengan mozaik warna-warni

Masjid Iran | www.instagram.com

Beralih ke Iran, kamu akan melihat masjdi yang indah dan berwarna-warni. Masjid Nasir Al Mulk adalah salah satu bangunan yang bikin kamu berdecak kagum. Arsitekturnya yang indah, semakin menawan dipadukan dengan mosaik dominasi warna pink. Tak heran kalau masjid ini juga sering disebut sebagai masjid pink.

Lokasinya berada di Shiraz, tepatnya di selatan Gowad e-Araban dan sering dikunjungi jamaah dari luar negeri. Keindahan masjid ini semakin terpancar saat pagi hingga siang hari. Pada saat itu sinar matahari menerpa jendela kaca berwarna-warni dan membuat bagian dalam masjid tampak memukau.

Artikel Lainnya



[ad_2]

Source link

Komentar (0)
Add Comment