Connect with us

FEED

Alih Status Pegawai untuk Singkirkan yang Tangani Kasus Besar

Alih Status Pegawai untuk Singkirkan yang Tangani Kasus Besar




Ilustrasi KPK. Foto: Helmi Afandi Abdullah/kumparan


© Disediakan oleh Kumparan
Ilustrasi KPK. Foto: Helmi Afandi Abdullah/kumparan

Selama beberapa waktu belakangan, KPK terus menjadi sorotan karena tes wawasan kebangsaan (TWK) yang menjadi syarat pengalihan status pegawai menjadi ASN menuai polemik. Dari ribuan pegawai, ada 75 pegawai yang dinyatakan tidak lulus, salah satunya penyidik senior Novel Baswedan.

Pertanyaan TWK menuai polemik karena bahannya yang sama sekali tidak berhubungan dengan pemberantasan korupsi. Isu ini semakin pelik karena 75 pegawai yang tidak lolos dinonaktifkan Ketua KPK Firli Bahuri.

Terkait isu ini, Koalisi Save KPK menyampaikan kekecewaannya karena 75 pegawai yang dinonaktifkan adalah mereka yang mempunyai rekam jejak dalam memberantas kasus korupsi di Indonesia.

“Yang sangat menyesakkan dan membuat miris, sebagian besar insan pegawai yang diberhentikan adalah punggawa-punggawa KPK yang mempunyai rekam jejak luar biasa karena telah berhasil menangani perkara mega akbar skandal korupsi,” kata Koalisi Save KPK dalam keterangannya, Rabu (12/5).



Ilustrasi gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Foto: Shutter Stock


© Disediakan oleh Kumparan
Ilustrasi gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Foto: Shutter Stock

Sebagaimana diketahui, TWK merupakan buntut dari revisi UU KPK pada tahun 2019 yang mengharuskan pegawai KPK menjadi ASN. Kendati demikian, tidak ada ketentuan soal TWK di dalam UU KPK baru atay Peraturan Pemerintah yang jadi turunannya.

TWK baru muncul dalam Peraturan KPK Nomor 1 Tahun 2021 dan diteken Ketua KPK Firli Bahuri pada 27 Januari 2021.

Koalisi Save KPK juga menyatakan kekecewaannya terhadap Mahkamah Konstitusi (MK) yang membuat putusan yang berlawanan dengan ekspetasi publik. Dalam gugatan yang diajukan Rektor Universitas Islam Indonesia, Prof Fathul Wahid dkk, diminta alih status pegawai KPK menjadi ASN tak boleh merugikan pegawai.

Namun, MK menyebut peralihan status pegawai KPK menjadi ASN merupakan konsekuensi hukum dari berlakunya UU KPK hasil revisi.

“Delapan Hakim MK telah memilih jalan ‘seiring’ dengan kebijakan Presiden Joko Widodo dan segenap anggota DPR RI yang secara sengaja dan sepakat untuk meruntuhkan KPK. Hal lain, MK juga mengabaikan untuk melihat dan memahami kontes terkini, pasca Transparency International melansir Indeks Persepsi Korupsi Indonesia Tahun 2020. Dalam indeks itu disebutkan, skor dan peringkat Indonesia merosot tajam. Fakta ini harus dimaknai sebagai suatu kegagalan politik hukum dalam upaya pemberantasan korupsi pemerintah yang memilih melemahkan, ketimbang memperkuat KPK,” tuturnya.



Ilustrasi penyidik KPK. Foto: Instagram/@official.kpk


© Disediakan oleh Kumparan
Ilustrasi penyidik KPK. Foto: Instagram/@official.kpk

Lebih lanjut, Save Koalisi KPK juga menilai Firli Bahuri sebagai Ketua KPK gagal mengelola informasi terkait TWK. Selaku Ketua KPK, menurut mereka, Firli wajib mematuhi aturan hukum dan putusan MK yang telah menegaskan bahwa peralihan status kepegawaian tidak boleh merugikan pegawai itu sendiri.

“Selain itu, yang terpenting juga perihal kepastian status dan independensi Pegawai KPK dalam melaksanakan tugas. Hal ini kami nilai sebagai penyiasatan hukum dari Ketua KPK yang sejak awal memiliki kepentingan dan agenda pribadi untuk ‘menyingkirkan’ para pegawai yang sedang menangani perkara besar yang melibatkan oknum-oknum yang kekuasaan. Tindakan di atas dapat dikualifikasi juga sebagai tindakan pelanggaran HAM,” ujarnya.

Firli juga dinilai mengambil banyak langkah keliru yang semakin menambah catatan suram, yang membuat runyam lembaga antirasuah di bawah kepemimpinannya. Seperti ketidakmauannya untuk secara serius meringkus Harun Masiku, menghilangkan nama politisi dalam surat dakwaan korupsi bansos, melindungi saksi perkara benih lobster, menerbitkan SP3 untuk BLBI, dan berbagai kontroversi lain yang dapat menjatuhkan kewibawaan KPK.

“Berangkat dari hal tersebut, akhirnya kekhawatiran publik selama ini semakin terbukti, masuknya Firli Bahuri menjadi pimpinan

KPK memiliki agenda khusus untuk meruntuhkan kehormatan lembaga antirasuah itu dari dalam,” tegasnya.



Ilustrasi tahanan KPK. Foto: Humas KPK


© Disediakan oleh Kumparan
Ilustrasi tahanan KPK. Foto: Humas KPK

Atas dasar-dasar tersebut, Koalisi Save KPK mengeluarkan pernyataan sikap sebagai berikut:

1. Dalam alih status KPK wajib hukumnya mempedomani putusan MK Nomor: Nomor 70/PUU-XVII/2019 pada [angka. 3.22] hal. 340 yang menyatakan:

…Dalam Peraturan KPK inilah telah ditentukan penghitungan terhadap masa kerja dalam jenjang pangkat sebelum pegawai KPK menjadi ASN (vide Pasal 7 Peraturan KPK Nomor 1 Tahun 2021 tentang Tata Cara Pengalihan Pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi menjadi Aparatur Sipil Negara). Adanya ketentuan mekanisme pengalihan status pegawai KPK menjadi pegawai ASN dimaksudkan untuk memberikan jaminan kepastian hukum sesuai dengan kondisi faktual pegawai KPK.

Oleh karenanya, Mahkamah perlu menegaskan bahwa dengan adanya pengalihan status pegawai KPK menjadi ASN sebagaimana telah ditentukan mekanismenya sesuai dengan maksud adanya Ketentuan Peralihan UU 19/2019 maka dalam pengalihan tersebut tidak boleh merugikan hak pegawai KPK untuk diangkat menjadi ASN dengan alasan apapun di luar desain yang telah ditentukan tersebut. Sebab, para pegawai KPK selama ini telah mengabdi di KPK dan dedikasinya dalam pemberantasan tindak pidana korupsi tidak diragukan;






© Disediakan oleh Kumparan


2. Asesmen tidak dapat digunakan dan bukan instrumen yang dapat dipakai untuk mengangkat atau tidak sebagai aparatur sipil negara.Itu sebabnya, assesmen harus dibedakan antara proses ‘seleksi’ dan ‘asesmen’. SELEKSI adalah pemilihan (untuk mendapatkan yang terbaik) atau penyaringan. Sedangkan ASESMEN adalah proses penilaian, pengumpulan informasi dan data secara komprehensif. Tindakan yang menyesatkan perbedaan antara selesi dan assesmen tidak saja bersifat manipulatif tapi juga suatu perbuatan melawan hukum;

3. Selain karena adanya putusan MK, muatan Peraturan KPK Nomor 1 Tahun 2021 juga bertentangan dengan Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2020 (PP 41/2020). Sebab, Pasal 4 PP 41/2020 sama sekali tidak menyebutkan tahapan “seleksi” saat dilakukan peralihan kepegawaian;

4. Sudahi dan STOP segala bentuk tindakan yang ditujukan untuk dan sebagai bagian dari proses pembusukan KPK. Salah satu tindakan dimaksud adalah menyingkirkan SDM KPK yang merupakan pegawai-pegawai yang sudah terbukti rekam jejaknya adalah figur yang memiliki integritas dan komitmen tinggi dalam melakukan pemberantasan korupsi;

5. Ketua KPK diminta untuk menjalankan kewajiban bahwa Komisi Pemberantasan Korupsi bertanggung jawab kepada publik atas pelaksanaan tugasnya dan membuka akses informasi sesuai Pasal 20 ayat (1) dan ayat (2) huruf c UU No. 30 Tahun 2002 jo UU No. 19 Tahun 2019 atas hasil assesmen yang dijadikan penilaian dan kebijakan untuk menyingkirkan pegawai KPK melalui proses litsus;

6. Untuk tidak menimbulkan dampak yang lebih luas lagi pada KPK dan upaya pemberantasan korupsi maka perlu membentuk Tim Investigasi yang melibatkan partisipasi publik secara luas guna melakukan melakukan investigasi yang menyeluruh atas dugaan skandal pemberhentian pegawai KPK.



Source link

Advertisement
Click to comment

EKONOMI

Hypermart, Peritel Milik Konglomerat Mochtar Riady Ini Dukung PPKM Mikro dengan Strategi Bisnis, Apa Saja?

Hypermart, Peritel Milik Konglomerat Mochtar Riady Ini Dukung PPKM Mikro dengan Strategi Bisnis, Apa Saja?


JAKARTA – Pengelola Hypermart, PT Matahari Putra Prima Tbk (MPPA) mendukung langkah-langkah pemerintah yang telah dilakukan untuk mengurangi penyebaran COVID-19 salah satunya yakni Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro (PPKM Mikro).

Chief Executive Officer MPPA Elliot Dickson mengatakan perseroan menyadari situasi COVID-19 saat ini sangat sulit dan menantang bagi semua orang, terutama bagi konsumen yang berusaha memenuhi kebutuhan pangan dan rumah tangga sehari-hari.

“Sehingga kami bekerja keras untuk memastikan bisnis online kami, yang mencakup sebagian besar kota dibandingkan dengan yang lain, akan menjadi solusi sempurna bagi konsumen selama periode ini untuk membeli kebutuhan mereka dari rumah dan/atau memanfaatkan Park & Pick-up kami untuk keamanan tambahan dan kenyamanan,” ungkapnya dalam keterangan resmi, dikutip Jumat 25 Juni.

Untuk itu, peritel milik dari Lippo Group milik konglomerat Mochtar Riady ini berupaya terus memperkuat penawaran bisnis online sebagai O2O strategis dengan toko offline sebagai arah strategis baru di tahun 2021 dan seterusnya.

Elliot menuturkan, dalam beberapa bulan terakhir MPPA telah memperkuat layanan e-commerce Hypermart Online dan Chat & Shop miliknya yang kini mencakup 112 toko di seluruh Indonesia. Selain itu, MPPA juga bekerja sama dengan operator pasar terkemuka lainnya dan layanan pengiriman kebutuhan sehari-hari sesuai permintaan secara nasional.

“Ke depan, MPPA akan menambah lebih banyak toko on line untuk berpartisipasi dalam kolaborasi yang ada dan mengembangkan lebih banyak kolaborasi baru dengan operator pasar terkemuka lainnya di Indonesia,” tuturnya.

Per hari ini, pihaknya bekerja sama dengan mitra bisnis dengan menawarkan Bebas Ongkos Kirim ke platform Chat & Shop untuk memberikan kenyamanan dan nilai lebih kepada konsumen selama masa sulit ini.

“Peron on line perseroan secara keseluruhan juga memungkinkan konsumen untuk melakukan pembelian antar kota untuk keluarga atau orang terkasih yang berada di kota lain, misalnya konsumen dari Jakarta dapat melakukan pembelian secara online untuk diantarkan ke orang tuanya yang berdomisili di Jogjakarta,” ujar dia.

MPPA juga menawarkan fitur Park & Pick-up sebagai bagian dari Chat & Shop dan Hypermart Express untuk tujuan keamanan konsumennya. Dengan menggunakan Park & Pick-up di semua lokasi mall di mana MPPA beroperasi, konsumen kini memiliki keamanan lebih dengan dapat memesan dari lokasi kerja dan dapat mengambil pembelian mereka dalam perjalanan pulang tanpa harus bertemu fisik dengan orang lain.

.



Sumber Berita

Continue Reading

FEED

Gedung Runtuh di Miami, 99 Orang Hilang, Petugas Dengar Tanda-tanda Kehidupan di Reruntuhan

Gedung Runtuh di Miami, 99 Orang Hilang, Petugas Dengar Tanda-tanda Kehidupan di Reruntuhan




Pemandangan udara ini, menunjukkan personel pencarian dan penyelamatan yang bekerja di lokasi setelah runtuhnya sebagian Menara Champlain South di Surfside, utara Miami Beach, pada 24 Juni 2021. Blok apartemen bertingkat di Florida sebagian runtuh awal 24 Juni, memicu tanggap darurat utama.


© CHANDAN KHANNA / AFP
Pemandangan udara ini, menunjukkan personel pencarian dan penyelamatan yang bekerja di lokasi setelah runtuhnya sebagian Menara Champlain South di Surfside, utara Miami Beach, pada 24 Juni 2021. Blok apartemen bertingkat di Florida sebagian runtuh awal 24 Juni, memicu tanggap darurat utama.


TRIBUNNEWS.COM – Tim penyelamat tengah berupaya mencari korban selamat yang terperangkap di puing-puing bangunan perumahan 12 lantai yang runtuh di utara Miami, Florida, AS pada Kamis (24/6/2021) pagi.

Setidaknya satu orang tewas dan 99 lainnya masih hilang, BBC melaporkan.

Tidak jelas apa yang menyebabkan sebagian dari bangunan berusia 40 tahun itu runtuh.

Tim pencari yang bekerja sepanjang waktu dilaporkan mendengar suara orang-orang menggedor di bawah puing-puing.

Setidaknya 102 orang kini telah didata, tetapi tidak pasti berapa banyak orang yang berada di dalam gedung ketika apartemen itu runtuh.

Puluhan orang yang selamat telah ditarik keluar dari puing-puing.

Baca juga: Bangunan 5 Lantai di Korea Selatan Runtuh Timpa Bus, 9 Orang Tewas dan 8 Lainnya Luka Parah

Baca juga: Bocah Palestina yang Selamat setelah 7 Jam Tertimbun Reruntuhan Alami Trauma, Sulit Bicara dan Makan



Pemandangan udara ini, menunjukkan personel pencarian dan penyelamatan yang bekerja di lokasi setelah runtuhnya sebagian Menara Champlain South di Surfside, utara Miami Beach, pada 24 Juni 2021. Blok apartemen bertingkat di Florida sebagian runtuh awal 24 Juni, memicu tanggap darurat utama. (CHANDAN KHANNA / AFP)


© Disediakan oleh tribunnews.com
Pemandangan udara ini, menunjukkan personel pencarian dan penyelamatan yang bekerja di lokasi setelah runtuhnya sebagian Menara Champlain South di Surfside, utara Miami Beach, pada 24 Juni 2021. Blok apartemen bertingkat di Florida sebagian runtuh awal 24 Juni, memicu tanggap darurat utama. (CHANDAN KHANNA / AFP)

Presiden Joe Biden telah menyetujui deklarasi darurat untuk Florida, yang berarti Badan Manajemen Darurat Federal akan membantu badan-badan negara bagian dengan upaya bantuan.

Kamis malam, ratusan penyelamat menggunakan kamera sonar dan anjing yang dilatih khusus saat mereka menjelajahi puing-puing untuk mencari korban selamat.



Tim penyelamat mencari korban yang terjebak di reruntuhan (Twitter)


© Disediakan oleh tribunnews.com
Tim penyelamat mencari korban yang terjebak di reruntuhan (Twitter)

Tim juga menggali terowongan dari tempat parkir bawah tanah di bawah gedung dalam upaya untuk menjangkau para korban.

“Tim pemadam kebarakan dan penyelamatan ada di sana dengan tim pencari mereka, membawa anjing mereka,” kata Direktur Polisi Miami-Dade Freddy Ramirez kepada wartawan.

“Mereka berada dalam mode pencarian dan penyelamatan, dan mereka akan berada dalam mode itu untuk sementara waktu.”

“Mereka tidak berhenti. Mereka akan bekerja sepanjang malam. Mereka tidak berhenti.”

Tim pencari mendeteksi ada suara benturan dan suara lainnya, tetapi tidak ada suara (manusia) dari berton-ton puing.

Upaya Penyelamatan yang Berbahaya

Para pejabat mengatakan upaya penyelamatan cukup berbahaya karena puing-puing bisa runtuh di atas korban.

“Proses ini lambat dan metodis,” kata Ray Jadallah, asisten kepala pemadam kebakaran Miami-Dade Fire Rescue.

“Setiap kali kami mulai melewati bagian dari struktur, puing-puing menjatuhi kami.”

Hujan dan badai yang terus-menerus semakin memperumit tugas yang sudah sulit bagi tim pencarian dan penyelamatan.



Puing-puing tergantung dari bangunan yang sebagian runtuh di Surfside utara Miami Beach, pada 24 Juni 2021. Blok apartemen bertingkat di Florida sebagian runtuh awal 24 Juni, memicu tanggap darurat besar (CHANDAN KHANNA / AFP)


© Disediakan oleh tribunnews.com
Puing-puing tergantung dari bangunan yang sebagian runtuh di Surfside utara Miami Beach, pada 24 Juni 2021. Blok apartemen bertingkat di Florida sebagian runtuh awal 24 Juni, memicu tanggap darurat besar (CHANDAN KHANNA / AFP)

Keluarga Korban Menunggu dengan Cemas

Pihak berwenang telah mulai mengambil sampel DNA dari kerabat mereka yang masih hilang jika hanya sisa-sisa tubuh anggota keluarga mereka yang ditemukan di puing-puing.

Keluarga dari korban yang hilang telah berkerumun di sekitar pusat komunitas beberapa blok dari gedung yang runtuh.

Mereka menunggu informasi sambil bersiap hadapi yang terburuk.

Nicolas Fernandez mengatakan panggilannya untuk keluarganya tidak dijawab.

“Saya pikir mereka sudah pergi,” katanya kepada CBS.

“Saya tidak ingin pesimis, tetapi kami telah memanggil mereka tanpa henti tanpa jawaban.”

Sementara itu, Jenny Urgelles terbangun oleh berita bahwa gedung orang tua telah runtuh.

Dia menelepon mereka, tetapi kedua ponsel mereka langsung dialihkan ke pesan suara.

“Saya berpegang pada harapan. Saya sangat putus asa untuk mengetahui apa yang terjadi,” katanya kepada saluran TV lokal.

Keterangan Saksi

Sebagian besar Menara Champlain yang terletak di tepi laut di kota Surfside runtuh ke tanah pada dini hari Kamis (24/6/2021).

Saksi mata menyebut telah mendengar sesuatu seperti guntur sebelum melihat awan debu besar.

Saksi mata lain membandingkan peristiwa itu seperti serangan 11 September di Menara Kembar New York tahun 2001 lalu.

Salah seorang penghuni apartemen, Barry Cohen, sedang berada di tempat tidur ketika bangunan itu mulai runtuh.

“Kedengarannya seperti guntur, dan saya dan istri saya, kami pergi ke balkon; sepertinya sebuah bom meledak, kotoran dan debu dan asap ada di mana-mana,” katanya kepada BBC.

“Kemudian seluruh bangunan hanya berguncang dengan ledakan yang sangat besar,” kata Cohen.

“Saat kami buka pintunya, tidak ada bangunan di sana, hanya tumpukan puing-puing,” katanya.

“Jadi kami turun ke garasi, dan ada air yang bocor dari pipa; itu sampai sekitar lutut saya, dan kami berkata: ‘Kami tidak ingin tinggal di sini karena kami bisa tenggelam.'”

Akhirnya, dia berbicara dengan layanan darurat dan mereka menyelamatkannya sebelum bangunan itu runtuh sepenuhnya.

(Tribunnews.com, Tiara Shelavie)



Source link

Continue Reading

FEED

Inilah Rekomendasi Cropped Top Untuk Tubuh Besar

Inilah Rekomendasi Cropped Top Untuk Tubuh Besar


Crop top adalah benda fashion yang cukup tricky untuk dikenakan, namun tak menutup banyaknya kemungkinan cropped top bisa dipadupadankan dengan berbagai jenis busana. Memang ada banyak pendapat yang berbeda-beda mengenai relevansi cropped top, beberapa orang merasa cropped top sudah usang dan perlu ditinggalkan. Namun, setelah sosok seperti Kendall Jenner atau Kaia Gerber tertangkap kamera di berbagai kesempatan mengenakan cropped top, era kejayaan model atasan ini resmi kembali diminati oleh banyak generasi muda.

Yang membuat cropped top tampak baru kali ini justru datang dari berubahnya pandangan banyak orang terhadap model ini. Jika dahulu hanya para pemilik tubuh lurus yang berani mengenakannya, kini para wanita bertubuh besar tak kalah percaya diri untuk mengenakan cropped top dan mengkreasikannya menjadi banyak ansambel yang inspiratif. Berikut Bazaar kumpulkan pilihan atasan cropped untuk dimiliki para wanita bertubuh besar.

Poplin Cropped – IDR 499,000

Atasan cropped dengan garis leher hati dan lengan mengembang ini akan mengaksentuasi bagian leher Anda dan memberi kesan dada lebih bidang saat dikenakan.

Cropped Polo – Helmut Lang, IDR 2,400,000

Bobobobo.com

Cropped top dengan kerah polo yang akan mengelevasi tampilan kasual, kenakan bersama celana high waisted dan tatanan rambut updo yang bersih jika ingin menanamkan gaya bernapas minimal.

Embroidery Cropped – IDR 379,000

Zara.com

Atasan yang satu ini memancarkan aura feminin yang manis lewat siluet leher bulat dan rupa lengan yang mengembang, ditambah aksentuasi karet elastis yang selaras dengan bordiran bunga yang manis di cropped top ini.

Cropped Kimono, Cover Me Not – IDR 2,300,000

Untuk ungkapan gaya resort atau etnik, Anda tetap bisa mengandalkan atasan cropped. Salah satunya dengan cropped top motif tie dye bergaya kimono yang unik untuk disandingkan bersama rok serupa atau celana linen yang rileks.

Cropped Sweatshirt – IDR 249,000

Atasan mengatung dari sweatshirt seperti ini sedang marak dikenakan oleh para influencer mode. Jangan takut untuk mencobanya dengan menambahkan dalaman camisole atau kemeja lengan pendek, lalu kenakan celana wide leg bersama atasan unik ini.

Ruffle Cropped – IDR 299,000

Dengan kerah asimetris dan ruffle yang melapisi bagian depan, cropped top ini adalah jawaban tepat untuk Anda yang ingin menutupi bagian dada dan ingin mencoba atasan cropped bernapas playful. Kabar baiknya, atasan ini dibuat menggunakan serat kain yang sustainable dan proses berkelanjutan sehingga ramah untuk lingkungan.

Logo Cropped, Off White – IDR 6,059,000

Bobobobo.com

Kerahkan penampilan hype yang berkelas dengan atasan cropped berhiaskan logo patch Off White ini. Tak perlu banyak usaha, cukup padankan dengan celana ternyaman yang Anda punya dan jinjingan bergaya kontemporer seperti clutch berukuran besar dan perhiasan model rantai, Anda pun siap untuk menjalani hari.

Square Cropped – Biasa, IDR 1,290,000

Siluet kotak pada atasan ini memberikan unsur skulptural yang modern sekaligus mengkomplementasi bentuk tubuh terutama di bagian bahu. Warna oranye pada atasan ini akan membuat ansambel terlihat menonjol dan dengan mudah dileburkan bersama bawahan bergaya quirky seperti rok fringe, rok asimetris atau rok dengan imbuhan laser cut. 

Knot Cropped – IDR 70,000

Hm.com

Dengan aksentuasi knot di bagian depan sehingga menciptakan efek drapery yang membuat bagian dada terelevasi, atasan cropped ini adalah jawaban untuk busana sehari-hari dengan celana denim atau celana sweat shirt berhiaskan logo yang simpel.

Cropped Sweater – Snugg., IDR 459,000

Siapa yang tidak menyukai busana basic yang tak hanya versatile saat dileburkan dengan busana lainnya yang memberi pernyataan, namun juga tampak gaya saat dikenakan begitu saja. Selain nyaman, kerah tinggi pada sweater ini juga memberi kesan chic saat dikenakan bersama bawahan celana rajut atau celana denim kesayangan.

(FOTO: Courtesy of Zara, Bobobobo, Masari Shop, H&M, Mango & Harper’s Bazaar US)



Source link

Continue Reading
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Trending Dari BuzzFeed

close