Lifestyle

Aktor dan Aktris Dituntut Langgar Kontrak

Dalam berbagai film, tentu ada aktor dan aktris yang bermain di dalamnya. Namun sebelum itu, ada kontrak antara pemeran dan studio sebagai pengikat komitmen antar dua pihak tersebut. Meski begitu, tetap saja ada beberapa aktor dan aktris yang melanggar kontrak dari studio yang meng-hire mereka.

Pelanggaran kontrak yang dilakukan para aktor dan aktris ini disebabkan oleh banyak hal, mulai dari konflik internal sampai dengan masalah kesehatan yang membuat mereka harus keluar kala produksi film sedang berjalan. Namun tetap saja, hal-hal tersebut membuat para pemeran ini harus siap dituntut oleh studio film terkait.

Berikut ini adalah daftar aktor dan aktris yang langgar kontrak dari studio film dalam proses produksinya.

Baca juga: Daftar Aktor Hollywood Terkaya di Dunia

1.

Marlon Brando (The Egyptian)


The Egyptian merupakan film tahun 1954 yang mengusung Edmund Purdom sebagai pemeran utama. Namun, peran utama tersebut seharusnya diboyong oleh Marlon Brando, yang pada saat itu sudah tanda tangan kontrak dan menjalani proses reading bersama tim produksi dan cast.

Ketika proses produksinya di Mesir akan dimulai, Marlon Brando justru mengundurkan diri melalui secarik surat. Di dalamnya, ia mengatakan bahwa sang aktor memiliki penyakit mental, membuatnya tak bisa melanjutkan kontraknya tersebut. Walau begitu, 20th Century Fox tetap menuntut ganti rugi dari Brando, membuatnya harus membayar ganti rugi sebesar 75 ribu dolar (sekitar Rp1 miliar) dan berperan dalam film Desiree (1954) dari rumah produksi tersebut.

2.

Kim Basinger (Boxing Helena)


Dari sekian banyak kontroversi pelanggaran kontrak antara pemeran dan studio, kasus dari Kim Basinger dan Main Line Pictures adalah satu yang paling terkenal di industri film Hollywood. Pasalnya, kasus ini berawal kala Kim Basinger setuju untuk menjadi main cast dalam Boxing Helena (1993), namun dirinya tak pernah menanda tangani kontrak terkait. Karena satu dan lain hal, aktris ini memutuskan untuk mundur sebagai pemeran utama.

Meski begitu, produksi dari Boxing Helena tetap berlanjut dan sang aktris tersebut digantikan oleh Sherilyn Fenn. Karena pengunduran diri dari Kim Basinger ini, film tersebut mendulang kerugian sebesar 6 juta dolar (sekitar Rp86 miliar), membuat pihak studio menuntut aktris kawakan ini dengan ganti rugi sebesar 8,9 juta dolar (sekitar Rp128 miliar).

Baca juga: 4 Artis Hollywood Ini Harus Mengalami Kebangkrutan

3.

Woody Harrelson (Benny & Joon)


Woody Harrelson merupakan salah satu aktor populer di industri sinema Hollywood. Walau kariernya saat ini sedang meroket, rupanya ia dulu pernah menjadi aktor yang melanggar kontrak pada satu film yang akan ia perankan, yakni Benny & Joon pada 1993 silam.

Pada tahun tersebut, Woody Harrelson sudah menanda tangani kontrak bermain di Benny & Joon dari MGM. Di tahun yang sama, ia mendapatkan tawaran menjadi bintang dalam Indecent Proposal, film erotis yang diproduksi dalam waktu berdekatan.

Pada akhirnya, sang aktor memilih untuk bermain pada film erotis tersebut, membuatnya meninggalkan produksi Benny & Joon dan melanggar kontraknya. Pelanggaran kontrak ini membuat Woody Harrelson harus membayar kerugian sebesar 500 ribu dolar atas tuntutan yang dilayangkan oleh pihak MGM.

4.

John Travolta (The Double)


The Double merupakan film adaptasi novel dari Fyodor Dostoyevsky yang direncanakan produksi pada 1997 silam. Film tersebut rencananya akan melibatkan Roman Polanski sebagai sutradara dan John Travolta sebagai pemeran utama, namun sang aktor justru mundur tepat sebelum produksi awal berlangsung, meski sudah diiming-imingi gaji sebesar 17 juta dolar (sekitar Rp244 miliar).

Alasan John Travolta mengundurkan diri sendiri karena konflik dengan sutradara terkait naskah film The Double tersebut. Karena hal ini, Mandalay Entertainment dan Liteoffer Ltd. sebagai pihak studio menuntut sang aktor. Pada akhirnya, tuntutan tersebut diselesaikan secara damai antara kedua belah pihak dan film The Double arahan Roman Polanski batal diproduksi.

5.

Evan Rachel Wood (10 Things I Hate About Life)


10 Things I Hate About Life dikenal sebagai spin off dari 10 Things I Hate About You yang mempopulerkan Heath Ledger. Film tersebut menempatkan Evan Rachel Wood sebagai aktris utamanya. Walau begitu, film yang diproduksi pada 2012 ini sempat tertunda karena banyak hal, salah satunya kehamilan dari sang aktris.

Namun, masalah dalam produksinya tak berhenti sampai di situ, karena Evan Rachel Wood dikabarkan mengundurkan diri karena masalah pribadi. Hal ini membuat sang aktris dituntut sebesar 30 juta dolar (sekitar Rp432 miliar) dari 10 Things Films LLC selaku pihak studio.

Meski sudah dituntut, pengacara sang aktris berkata bahwa kliennya tersebut belum pernah dibayar oleh pihak studio. Kasus ini pun bahkan masih berlanjut sampai 2021 dan membuat banyak pihak berasumsi bahwa film tersebut dipastikan batal tayang karena beragam hal.

Artikel Lainnya

Sumber Berita

Apa Reaksimu?

Lainnya Dari BuzzFeed