Feed

Bebas dengan Jaminan, Jurnalis Kamboja Terima Kasih kepada Pendukungnya



Jurnalis Kamboja Mech Dara berterima kasih kepada para pendukungnya pada hari Kamis (24/10) setelah dibebaskan dari penjara.

“Saya senang (bisa keluar), tetapi kesehatan saya lemah,” katanya. “Saya ingin berterima kasih kepada semua orang yang mendukung saya. Saya melihat bahwa teman-teman saya di dalam dan luar negeri melakukan segalanya untuk membantu saya [dibebaskan].”

Reporter tersebut, yang dikenal karena liputannya yang mengungkapkan korupsi dan perdagangan manusia, telah menjalani tahanan praperadilan sejak 30 September.

Ia dituduh melakukan hasutan untuk mengganggu ketertiban umum. Pengadilan Phnom Penh sebelumnya menuduh wartawan itu telah mengunggah pesan dan gambar yang “provokatif” dan “palsu” tentang penghancuran pintu masuk ke sebuah situs keagamaan.

Pada hari Rabu, menteri informasi negara itu membagikan video Mech Dara yang menyampaikan permintaan maaf, berikut surat tiga halaman yang menurut menteri tersebut telah ditulis sendiri oleh Mech Dara.

Pengacara wartawan itu, Duch Piseth, mengatakan kepada VOA bahwa Mech Dara telah dibebaskan dengan jaminan, tetapi dakwaannya belum dibatalkan.

“Saya berharap dakwaannya akan dibatalkan dan saya akan bekerja lebih keras dengan klien saya untuk melanjutkan kasus ini sesuai dengan keinginannya,” kata Duch Piseth.

Ia menambahkan bahwa wartawan itu tidak diizinkan meninggalkan Kamboja dan diharuskan melapor ke polisi setiap bulan.

Lembaga pemantau media Reporters Without Borders menyambut baik pembebasan itu dan “menegaskan kembali seruannya kepada pihak berwenang untuk segera membatalkan semua dakwaan terhadap Mech Dara.”

Penangkapan Mech Dara menuai kecaman internasional. Tahun lalu, jurnalis tersebut menerima penghargaan dari Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken karena telah mengungkapkan pusat penipuan massal yang sebagian besar dikelola oleh pekerja hasil perdagangan manusia di Kamboja.

Asosiasi media independen Kamboja CamboJA mengatakan Mech Dara dibebaskan setelah meminta maaf kepada kepala Senat Hun Sen dan Perdana Menteri Hun Manet.

Nop Vy, direktur eksekutif asosiasi tersebut, mengatakan kepada VOA bahwa pembebasan dengan jaminan adalah “pertanda baik.” Ia meminta agar dakwaan itu dibatalkan sehingga Mech Dara “memiliki kebebasan penuh untuk terus bekerja sebagai jurnalis.” [lt/ab]



Source link

Apa Reaksimu?

Lainnya Dari BuzzFeed