Business is booming.

9 Konsep Awal Manga Terkenal Sebelum Jadi yang Kita Kenal


Dalam proses perencanaan dan pengembangan ide suatu manga dan anime, pasti ada yang namanya perubahan ide di sana-sini. Hal ini terjadi setelah diskusi panjang lebar antara editor dengan sang mangaka, untuk memberikan hasil yang maksimal atau yang disukai oleh pembaca.

Karena itu, biasanya beberapa konsep awal manga sangat berbeda jauh dengan hasil akhir yang udah beredar di pasaran. Walaupun masih ada beberapa elemen yang dipertahankan, namun sebagian besar cerita, bahkan tokohnya pun bisa jadi juga berbeda, menyesuaikan dengan keinginan pembaca.

Inilah Konsep Awal Beberapa Manga Terkenal Sebelum Jadi yang Sekarang

Mau tahu seperti apa manga One Piece atau Naruto pada awalnya atau yang biasa dikenal dengan Chapter 0 ini? Seperti apakah perbedaannya dengan versi final yang udah dirilis di pasaran dan berhasil terjual jutaan kopi ini? Yuk kita simak satu per satu.

konsep awal manga

Konsep awal manga Tokyo Ghoul | tokyoghoul.fandom.com

1. Tokyo Ghoul

Tokyo Ghoul awalnya hendak dirilis sebagai manga one-shot. Ceritanya, Kaneki adalah seorang ghoul yang sudah terbiasa membunuh dan diceritakan bekerja di Anteiku bersama Touka Kirishima.

Identitasnya kemudian dicurigai dan terbongkar oleh seorang investigator ghoul, Yukinori Shinohara. Hal ini pun membuat Kaneki berencana membunuhnya.

Touka yang mengikuti Kaneki malah berakhir dijadikan sandra oleh Kaneki saat Yukinori telah membaca serangannya, namun Touka juga kemudian menunjukkan identitasnya sebagai seorang ghoul dan membantu Kaneki mengalahkan Yukinori.

Keduanya lalu bertanya-tanya apakah manager Yoshimura mengetahui identitas mereka yang sebenarnya. Manga ini diakhiri dengan Yoshimura memakan sesosok mayat di Anteiku.

konsep awal manga
Tokyo Ghoul Chapter 0 | mangatail.club

konsep awal manga

Konsep awal manga D.Gray-man | qmanga.com

2. D. Gray-Man

D.Gray-Man merupakan manga yang menceritakan pertarungan para Exorcist melawan klan Noah yang hendak memusnahkan dunia. Untuk konsep awal manganya yang berjudul Zone, sang tokoh utama digambarkan sebagai seorang perempuan bernama Robin.

Senjata Akuma Jenderal Cross di manga awal ini nantinya menjadi senjata Allen dalam versi final-nya. Lavi juga semula direncanakan untuk menjadi karakter utama dalam manga lainnya yang berjudul Bookman, namun ide ini akhirnya tak jadi diwujudkan setelah ia dimasukkan ke dalam seri D.Gray-Man.

Baca Juga: 12 Manga Dewasa yang Sangat Dinantikan Pembaca Jepang

konsep awal manga
D.Gray-man Chapter 0 | www.crunchyroll.com
konsep awal manga

Konsep awal manga Death Note | comic.acgn.cc

3. Death Note

Siapa yang nggak kenal manga dan anime terkenal Death Note? Di konsep awal manganya, bukan Light Yagami yang jadi tokoh utamanya, melainkan seorang pria bernama Taro.

Nggak cuma memperkenalkan Death Note, ada juga yang namanya Death Eraser yang bisa digunakan untuk membangkitkan kembali orang yang mati karena Death Note, asalkan mayatnya belum dikremasi.

Taro tak bermaksud untuk menggunakan Death Note. Namun setelah memakainya dua kali, ia ketakutan dan berhenti memakainya, sampai akhirnya buku tersebut jatuh ke tangan salah satu teman sekelasnya, Miura, yang menggunakan Death Note untuk membunuh para kriminal.

Belakangan, Taro membuktikan keaslian buku tersebut dengan membuat Miura menulis nama Taro, lalu kemudian menghapusnya dengan Death Erase dan menghidupkan Taro kembali. Setelah itu, pihak kepolisian membakar buku tersebut.

Selain itu, konsep awal para Shinigami juga membuat Ryuk, Gelus, dan Rem berpenampilan seperti manusia-manusia tampan dan cantik. Pihak editor juga sempat merasa khawatir kalau-kalau para fans malah akan memihak tim Shinigami jika desain karakter mereka dibuat lebih indah.

Baca Juga: 5 Serial Komik dan Anime yang Banyak Tuai Kontroversi

konsep awal manga
Death Note Chapter 0 | www.crunchyroll.com
konsep awal manga

Konsep awal manga Bleach | bankaimania.blogspot.com

5. Bleach

Manga dan anime Bleach selalu identik dengan sosok Kurosaki Ichigo dengan rambut oranye. Namun pada awalnya Kubo Tite, sang mangaka, memberikan rambut hitam untuk Ichigo.

Sang mangaka juga semula ingin membuat teman-teman Ichigo memiliki kekuatannya sendiri, namun pihak Shueisha menyuruhnya untuk memperkenalkan para Shinigami.

Beberapa alur penting yang juga tak jadi digunakan antara lain, kematian Orihime di bab-bab awal, kematian Aizen, serta Gin dan Urahara yang dijadikan villain utama.

konsep awal manga
Bleach Chapter 0 | www.crunchyroll.com
konsep awal manga

Konsep awal manga Dragon Ball | notibov.blogspot.com

9. Dragon Ball

Serial legendaris Dragon Ball awalnya diberi judul Dragon Boy. Konsep awal manga karya Akira Toriyama ini mempunyai tokoh utama bernama Tanton yang sekilas mirip Yamcha dan memiliki sayap kelelawar, sebelum akhirnya diganti oleh Goku yang berekor kera.

Tanton diceritakan mengawal seorang putri yang sangat mirip dengan Bulma. Dragon Ball sendiri tak banyak berguna, selain digunakan untuk melepaskan seekor naga yang tampak sedih setelah terkena serangan energi.

Namun selain itu, elemen pertarungan dan atmosfer dunianya secara keseluruhan tetap digunakan untuk versi final Dragon Ball yang kita kenal sekarang.

konsep awal manga
Dragon Ball Chapter 0 | animevent.blogspot.com
Artikel Lainnya