Connect with us

OTOMOTIF

6 Honda PCX Electric Dipinjamkan ke Dishub Jawa Barat – Berita Otomotif

6 Honda PCX Electric Dipinjamkan ke Dishub Jawa Barat – Berita Otomotif


BANDUNG – Honda PCX Electric akan digunakan oleh Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat sebagai kendaraan operasional.

Kendaraan tersebut adalah pinjaman dari PT. Daya Anugerah Mandiri, distributor sepeda motor Honda untuk kawasan Jawa Barat. Sedikitnya akan ada 6 Honda PCX listrik yang dipinjamkan selama 6 bulan kedepan.

Hingga berita ini dibuat, belum ada informasi resmi untuk apa motor tersebut akan digunakan dalam 6 bulan ke depan. Dalam postingannya, Dinas Perhubungan Jawa Barat hanya menyampaikan bahwa motor tersebut akan diujicoba.

Honda PCX Electric pertama kali muncul di Indonesia pada tahun 2018 di ajang Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2018. Honda PCX Electric mengandalkan dua unit baterai lithium ion berkapasitas 96 volt dengan masing-masing mobile power pack berdaya 48 volt. Dalam sekali pengisian penuh, baterai mampu membawa Honda PCX Electric berjalan sejauh 41 km (kecepatan konstan 60 km/jam dan satu orang pengendara).

Honda PCX Electric
Pengisian ulang baterainya dapat dilakukan dengan dua cara. Pertama mengisi secara langsung tanpa melepas paket baterai, dapat terisi penuh dalam waktu 6 jam. Kedua, melepaskan paket baterai dari motor dan bakal penuh dalam waktu lebih singkat, 4 jam saja.

Honda PCX Electric sendiri kini sudah digunakan oleh beberapa perusahaan transportasi. Grab dan Gojek merupakan dua perusahaan yang menjadikan Honda PCX Electric sebagai tunggangan beberapa mitra mereka.

Dengan kehadiran enam sepeda motor listrik tersebut maka artinya pihak Pemerintah Provinsi Jawa Barat sudah menunjukkan keseriusannya dalam mengembangkan ekosistem kendaraan listrik. Ini karena sebelumnya Pemerintah Provinsi Jawa Barat sudah membeli setidaknya tiga mobil listrik Hyundai. Menariknya, salah satu dari mobil digunakan oleh pihak Kepolisian untuk keperluan pengawalan.

Meski kendaraan listrik belakangan ini sudah mmulai menunjukkan arah yang lebih jelas, tetap saja kendaraan konvensional masih menjadi promadona. Astra Honda Motor selaku APM sepeda motor Honda bahkan baru meluncurkan all-new Honda PCX 160.

Motor tersebut menggunakan mesin 160 cc yang dipercaya mampu menyuguhkan besaran tenaga 15.5 hp pada 8.500 rpm. Sementara torsi puncaknya sebesar 15 Nm pada 6.500 rpm. Hadirnya fitur HSTC semakin memberikan rasa aman dalam mendukung performa terbaik saat melintasi kondisi jalan yang licin, sehingga sensasi kesenangan mengendarai skutik premium ini pun tetap terjaga.

Produk baru AHM ini selain mengusung banyak teknologi terkini, juga memikul target penjualan yang cukup besar. Saingan Yamaha Nmax ini diharapkan bisa terjual sekitar 20 ribu unit setiap bulannya. [Adi/Ari]

Advertisement
Click to comment

OTOMOTIF

Setahun Tertunda karena Covid-19, Kopdar Akbar Innova Community Sambangi Sumbar

Setahun Tertunda karena Covid-19, Kopdar Akbar Innova Community Sambangi Sumbar


PADANG PANJANG – Setelah satu tahun ditunda karena Pandemi Covid-19, Innova Community (IC) Kopi Darat (Kopdar) Akbar Sumatera akhirnya bisa terselenggara tanggal 2 dan 3 April 2021 di Mifan, Padang Panjang, Sumatera Barat.

Mengambil tema ‘Manyilau Ranah Tacinto’, kopdar kali ini dihadiri oleh IC Chapter Palembang, Riau, Jambi, Bengkulu, Jakarta Barat, Sumatera Utara dan Sumatera Barat sendiri selaku tuan rumah. Sebanyak 113 Innova memenuhi parkiran Mifan.

Kegiatan di awali sore tanggal 2 April 2021, perwakilan masing – masing chapter melaksanakan bakti sosial pembagian masker kepada para pengunjung dan pedagang di Pasar Kuliner Padang Panjang sebagai wujud dukungan IC terhadap program pemerintah memutus rantai pemularan virus Covid -19. Sebanyak 2.000 masker medis dibagikan secara gratis.

Baca juga :  Kopdar dan Charity Touring Agya Ayla SoliDaritas (AASD)

Puncak acara pada malam harinya dilakukan di Panggung Satelit Mifan yang langsung dihadiri oleh Walikota Padang Panjang – H. Fadly Amran, B.B.A Datuak Paduko Malano. Dalam sambutannya Walikota menyampaikan terima kasih dan apresiasi setinggi – tingginya kepada Innova Community yang telah memilih Padang Panjang sebagai lokasi kopdar.

Hadir juga dalam acara malam itu perwakilan Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sumbar dan Forum Otomotif Ranah Minang (FORM). Walikota menawarkan kepada IC untuk mengadakan Jambore Nasional di Padang Panjang dan Pemko Padang Panjang siap mendukung kegiatan tersebut.

Ketua Panitia David Maisa didampingi Ketua Chapter Sumbar Fereri dah Humas Rezki Rifai mengatakan bahwa “Kopdar Akbar Sumatera ini adalah ajang silaturahmi IC setelah hampir 1 (satu) tahun minim kegiatan karena pandemi. “Kegiatan ini juga menerapkan protokol kesehatan secara ketat dengan memakai masker, penyediaan hand sanitizer disetiap kamar dan panggung, menjaga jarak serta mencuci tangan,” ujarnya.

Baca juga :  Gak Kumpul Selama Corona, Komunitas Honda Pilih Kopdar Online

Semua peserta yang hadirpun diukur suhunya saat registrasi ujar David. Acara pembukaan juga dihibur oleh tari pasambahan dan permainan KIM. Selain itu acara juga dimeriahkan penyerahan award kepada perwakilan chapter serta penghargaan kepada chapter terbanyak yakni Chapter Riau dan peserta terjauh yaitu Chapter Jakarta Barat.

Perwakilan DPP IC – Roni Candra mengatakan bahwa untuk Kopdar Akbar Sumatera tahun 2022 – DPP IC menunjuk Chapter Riau sebagai tuan rumah, untuk pelaksanan nya akan mengikuti situasi dan kondisi tahun depan.

Baca juga :  Semangat Raja Ibukota Dalam Perayaan 2 Windu King’s Club Djakarta

Kegiatan hari kedua Sabtu 3 April 2021 perwakilan peserta mendatangi Pasar Padang Panjang untuk melaksanakan CSR berupa penyerahan 10 (sepuluh) buah pot bunga dengan tanaman Pucuk merah untuk Pemko Padang Panjang. [po/rst]

Continue Reading

OTOMOTIF

Kijang Innova Limited Edition, Persembahan 50 Tahun Toyota Indonesia

Kijang Innova Limited Edition, Persembahan 50 Tahun Toyota Indonesia


JAKARTA – Merayakan 50 tahun perjalanan Toyota Indonesia, PT Toyota Astra Motor (TAM) merilis Kijang Innova Limited Edition pada Jumat (9/4/2021). Innova Limited Edition diproduksi terbatas hanya sebanyak 50 unit.

President Director Toyota-Astra Motor, Susumu Matsuda, menyebutkan bahwa Kijang Innova merupakan bagian penting dari 50 tahun perjalanan Toyota di Indonesia.

“Sebagai perusahaan mobilitas, kami berharap Kijang Innova tidak hanya dapat menjadi upaya konkret dari solusi mobilitas Toyota, namun juga sebagai bentuk realisasi dari komitmen Toyota untuk menghadirkan Mobility Happiness for All,” ujar Matsuda.

Baca juga :  50 Tahun di Indonesia, Toyota Bakal Boyong Line Up Lengkap Mobil Listrik

“Ke depannya, kami tidak hanya akan menyediakan alat transportasi, tetapi lebih dari itu, kami juga ingin dapat memenuhi semua kebutuhan mobilitas masyarakat Indonesia yang beragam, termasuk kebutuhan untuk meningkatkan kualitas hidup mereka serta melestarikan lingkungan di sekitar,” lanjutnya.

Sementara itu, Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto menyebutkan bahwa ada nilai semangat anak bangsa Indonesia dalam setiap tahapan perkembangan Toyota Kijang dari generasi ke generasi.

Baca juga :  New Honda Civic Hatchback Kini Tampil Semakin Sporty

Semangat dalam memberikan yang terbaik kepada masyarakat Indonesia, semangat dalam meningkatkan kompetensi untuk membuat produk dan layanan mobilitas terbaik, merupakan salah satu pesan yang tersirat pada Kijang Innova Limited Edition ini.

“Harapan kami, Kijang edisi khusus 50 Tahun Toyota Indonesia ini mampu menumbuhkan semangat bahwa anak bangsa mempunyai potensi yang sangat besar. Semangat untuk selalu berkarya dalam setiap kesempatan, termasuk dalam situasi pandemi COVID-19 seperti sekarang ini,” kata Henry Tanoto.

Toyota Kijang merupakan produk spesial bagi Toyota. Pasalnya, Toyota Kijang sejak generasi pertama hingga generasi terakhir saat ini menjadi salah satu bentuk kisah sukses sebuah karya anak bangsa dalam memenuhi dinamika kebutuhan mobilitas masyarakat Indonesia. [po/rst]

Continue Reading

OTOMOTIF

Cuma 50 Unit, Kijang Innova Limited Edition Meluncur dengan Harga Segini – Mobil Baru

Cuma 50 Unit, Kijang Innova Limited Edition Meluncur dengan Harga Segini – Mobil Baru


JAKARTA – Toyota Kijang Innova Limited Edition diluncurkan dengan harga Rp 400 jutaan sebagai perayaan 50 tahun Toyota di pasar otomotif Indonesia.

Kijang Innova Limited Edition hanya dibuat 50 unit yang menyimbolkan eksistensi setengah abad Toyota di Nusantara. Peluncurannya terjadi secara virtual, bersamaan dengan seremoni usia 50 tahun Toyota di Indonesia pada Jumat (9/4/2021).

Multi purpose vehicle (MPV) ini dipilih karena sejarahnya yang mewarnai perjalanan Toyota sejak 1970-an, di masa – masa awal Toyota membangun bisnis di Tanah Air.

“Pada 1977, Kijang Innova lahir untuk mendukung keinginan kuat Indonesia membangun industri otomotif. Hari ini, Kijang Innova dibuat di Indonesia, untuk orang – orang Indonesia, oleh orang – orang Indonesia. Mobil ini dicintai di Indonesia sebagai mobil buatan nasional dan juga di banyak pasar ekspor mancanegera,” kata Yoichi Miyazaki, CEO Asia Region Toyota Motor Corporation dalam seremoni virtual.

Ini adalah kedua kalinya dalam dua tahun bagi Toyota membuat Kijang Innova edisi spesial dengan jumlah unit terbatas. Sebelumnya, pada Agustus 2020, salah satu pabrikan otomotif terbesar dunia asal Jepang ini juga membuat dalam rangka ulang tahun kemerdekaan Indonesia yang ke-75.

Harga Rp400 Jutaan

Kijang Innova Limited Edition berbasiskan dua tipe yaitu 2.0 V AT Luxury (30 unit) serta Venturer 2.4 AT (20 unit). Adapun harganya adalah Rp 400 jutaan.

Kenaikan banderolnya dengan tipe yang menjadi basis adalah Rp 14,5 juta dan Rp14,7 juta.

Berikut rincian harga on the road Jakarta Kijang Innova Limited Edition dalam rangka 50 tahun Toyota Indonesia, seperti dikutip dari keterangan resmi dealer Auto2000:

  • Kijang Innova Limited Edition 2.0 V AT Luxury Rp404,5 juta
  • Kijang Innova Limited Edition Venturer 2.4 AT Rp482,7 juta

Perbedaan

Kijang Innova Limited Edition dalam rangka 50 tahun Toyota di Indonesia memiliki satu warna eksklusif yaitu White Pearl. Ada aksen garis warna emas mulai ujung lampu depan hingga ke sepanjang sisi samping bodi.

Toyota Kijang Innova Limited Edition 50 Tahun Toyota di Indonesia

“Stiker warna emas menggambarkan perjalanan Toyota di Indonesia di mana Kijang selalu jadi bagian di dalamnya. Mulai dari awal era industri pada 1977, era transformasi Kijang dari mobil komersial jadi penumpang, era ekspor pertama Kijang, era Kijang jadi mobil pilihan keluarga Indonesia, era Kijang Innova yang jadi produk IMV global, hingga era Kijang Innova Reborn yang tampil sebagai kendaraan keluarga premium,” papar Henry Tanoto, Vice President Director PT. Toyota Astra Motor (TAM).

Gril depan Kijang Innova Limited Edition dari tipe 2.0 V Lux memiliki ornament krom mengkilap. Sementara, untuk varian yang diambil dari Venturer 2.4 AT, ornamennya berwarna krom gelap.

Perbedaan dari sisi eksterior adalah desain pelek lebih premium. Terdapat pula logo 50 tahun Toyota pada buritan.

Adapun bagian interior diberkahi warna khusus Noble Brown plus Brownish Wooden Panel Color. Karpetnya pun berlogo 50 tahun Toyota.

Fitur – fitur spesialnya ialah pengeras suara JBL maupun Integrated Air Purifier. [Xan]

Continue Reading
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Trending Dari BuzzFeed

close