Business is booming.

5 Film Justru Dianggap Membakar Uang Hingga Jutaan Dollar


Ilustrasi : syuting film

Ilustrasi : syuting film | news.uga.edu

Film ini dianggap menghamburkan budget syuting dengan hasil yang kurang maksimal

Semakin berkembangnya teknologi yang digunakan dalam proses pembuatan film, maka biaya yang harus dikeluarkan oleh produser film dalam memproduksi filmnya akan semakin bertambah. Bahkan, suatu film dapat menghabiskan biaya produksi puluhan juta Dollar demi menyajikan kualitas film yang terbaik kepada penontonnya.

Berangkat dari hal ini, tidak menutup kemungkinan bahwa ada beberapa film yang menghabiskan dana besar untuk produksinya namun hasil yang ditayangkan dianggap oleh penonton tidak sebanding. Berikut deretan film yang menghabiskan biaya besar namun hasilnya dinilai oleh penonton tidak sebanding.

1.

Ghostbusters (2016)

Ilustrasi : syuting film

Ghostbusters | www.imdb.com

Film reboot dari film dengan judul yang sama ini menerima banyak kritikan pedas bahkan sebelum dirilis. Awalnya, sebagai bagian dari rencana jahatnya, karakter antagonis Rowan menyihir penduduk New York untuk menari bersamanya.

Namun, sang sutradara, Paul Feig menyadari bahwa adegan tersebut terlalu bodoh dan akan meruska klimaks film tersebut. Adegan tersebut akhirnya dipotong dari film meski telah menelan biaya produksi yang dikabarkan mencapai jutaan dollar. Adegan potongan tersebut akhirnya diselipkan sebagai bonus yang muncul di credits pada akhir film.

Baca juga: 7 Kesalahan Fatal Film Hollywood yang Bikin Boros Budget

3.

Trilogi The Hobbit (2012 – 2014)

Ilustrasi : syuting film

The Hobbit | www.dorkadia.com

Sutradara Peter Jackson memutuskan untuk mengadaptasi novel prekuel The Hobbit karena ingin mengulang kesuksesan trilogy The Lord of the Rings. Selain mengadaptasi kisah buku tersebut, Jackson juga mengambil inspirasi dari materi tambahan yang ditulis oleh J. R. R. Tolkien dan juga memperluas cakupan film.

Jackson juga sangat berambisi tinggi dengan keputusannya untuk menayangkan film dalam 48 FPS dan menggunakan teknologi 3D mutakhir. Sayangnya, hasil yang disajikan oleh Jackson malah dianggap penonton terkesan murhan seperti sinetron.

Baca juga: 10 Rekor Film Hollywood Paling Unik yang Pernah Ada

4.

World War Z (2013)

Ilustrasi : syuting film

World War Z | republika.co.id

Film yang dianggap sebagai film zombie terbaik dengan pendapatan terbesar sepanjang masa ini ternyata masih dianggap sebagai film yang gagal. Film dari adaptasi novel ini sebenarnya telah menyelesaikan proses produksi pada tahun 2012, namun perilisannya ditunda karena kru film harus menjalani proses syuting tambahan.

Ending dari film ini pun harus dirombak total dan proses syuting ini sendiri dikabarkan menghabiskan biaya hingga 70 juta dollar. Sayangnya, ending yang diperbarui ini dinilai melenceng jauh dari novelnya.

5.

X-Men : Days of the Future Past (2014)

Ilustrasi : syuting film

X-Men : Days of the Future Past | www.hotstar.com

Alur cerita yang melompat – lompat dari masa depan ke masa lalu memaksa sutradara Bryan Singer harus memotong hampir seluruh adegan yang mengandung subplot karakter Rogue.

Sayangnya, adegan yang dipotong ini membuat Paquin menghilang dari Sebagian besar film yang telah menelan biaya yang besar karena seluruh adegannya telah direkam. Namun, studio Fox bersama Singer akhirnya merilis versi Rogue Cut yang mana memasukkan kembali Rogue ke dalam cerita agar uang mereka tidak terbuang percuma.

Artikel Lainnya

Berikut adalah deretan film yang menghabiskan biaya besar namun hasilnya dinilai oleh penonton tidak sebanding. Meskipun film tersebut telah memakan biaya yang fantastis, sutradara tetap memutuskan untuk memotong beberapa adegan yang ada dalam film tersebut.

Walaupun begitu, beberapa produser juga memutuskan untuk menayangkan kembali dengan versi adegan yang telah dipotong. Apakah kalian sudah menonton salah satu film ini? Bagaimanakah komentar kalian atas hasil dari film tersebut?

Tags :