Business is booming.

2 Terduga Teroris di Langsa Jaringan ISIS Aceh Pimpinan Aulia




Ilustrasi teroris. Foto: Indra Fauzi/kumparan


© Disediakan oleh Kumparan
Ilustrasi teroris. Foto: Indra Fauzi/kumparan

Tim Detasemen Khusus 88 Antiteror Mabes Polri menangkap dua terduga teroris di Kota Langsa, Aceh. Pengamat terorisme menyatakan terduga teroris yang ditangkap itu adalah anggota jaringan ISIS Aceh yang dipimpin Aulia.





© Disediakan oleh Kumparan


“Sebenarnya mereka enggak mau disebut sebagai JAD Aceh, mereka ingin disebut sebagai ISIS Aceh, jadi agak unik memang. Hubungannya dengan Firqoh Abu Hamzah di daerah Sibolga, Sumatera Utara,” kata Al Chaidar, pengamat terorisme dari Universitas Malikussaleh (Unimal) Aceh, kepada acehkini, Jumat (22/1) malam.

Menurut Al Chaidar, jaringan ISIS Aceh sudah beraktivitas di Aceh sejak 2016. Kegiatan jaringan ini, kata dia, terendus aparat pada 2018 ketika melakukan latihan militer di kebun kawasan Gunung Salak, perbatasan Bener Meriah dan Aceh Utara.



Al Chaidar. Foto: Dok. Pribadi


© Disediakan oleh Kumparan
Al Chaidar. Foto: Dok. Pribadi

“Aulia baru ketahuan bersama 51 orang lainnya yang ada di kebunnya dekat Gunung Salak, ditangkap tahun 2018,” ujarnya.

Al Chaidar menyebut anggota ISIS Aceh tersebar di Kabupaten Aceh Besar dan Aceh Timur. “Bagian Aceh lainnya belum ada,” sebutnya.

Sebelumnya, tim Densus 88 Antiteror Polri menangkap dua terduga teroris di Kota Langsa, Aceh. Penangkapan itu dilakukan pada Kamis (21/1/2021) malam sekitar pukul 20.00 WIB. ⁣

“Penangkapan tersebut berlangsung di dua lokasi terpisah,” ujar Kabid Humas Polda Aceh Kombes Pol Winardy dalam keterangan tertulis ke awak media, Jumat (22/1). ⁣

Winardy menjelaskan, Densus 88 awalnya menangkap SB alias AF di Gampong Sidodadi, Kecamatan Langsa Lama. SB alias AF disebut merupakan seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS). ⁣

Ia menambahkan, berikutnya Densus 88 mengamankan MY di Gampong Teungoh, Kecamatan Langsa Kota. MY disebut berprofesi sebagai nelayan.



Source link