Connect with us

TEKNOLOGI

15 Tipe Colokan Listrik Indonesia yang Wajib Diketahui

15 Tipe Colokan Listrik Indonesia yang Wajib Diketahui


1.

Tipe A

colokan listrik

Sambungan listrik tipe A | infopromodiskon.com

Tipe colokan ini biasa digunakan di Jepang dan sejumlah negara di benua Amerika. Kamu mungkin juga sering menjumpainya di sini atau malah memakai laptop dengan model colokan ini. Berikut ini rincian colokan Tipe A:

Jumlah Pins/Lubang Tegangan Kuat Arus
2 100 -127 V 15 A

Colokan ini hanya cocok untuk soket bertipe sama. Tipe A biasanya digunakan di sejumlah negara yaitu Bahamas, Bangladesh, Barbados, Bermuda, Kamboja, Kanada, China, Colombia, Costa Rica, Kuba, Jamaika, Jepang, Maldives, Meksiko, Myanmar, Peru, Filipina, Puerto Rico, Taiwan, Thailand, Trinidad & Tobago, Amerika Serikat, dan Vietnam.

2.

Tipe B

colokan listrik

Tipe B | infopromodiskon.com

Meskipun jenis ini biasa dipakai di Jepang atau Amerika Serikat dan sejumlah negara di sekitarnya, tapi jenis perangkat elektronik di Indonesia yang memakai sambungan ini tidak sedikit. Inilah rinciannya:

Jumlah Pins/Lubang Tegangan Kuat Arus
3 100 -127 V 15 A

Jenis soketnya juga bisa digunakan untuk tipe A. Negara-negara yang menggunakan tipe ini antara lain Kepulauan Bahama, Barbados, Bermuda, Kanada, Kolombia, Costa Rica, Kuba, Jamaikan, Jepang, Meksiko, Peru, Filipina, Puerto Rico, Taiwan, Thailand, Trinidad & Tobago, dan Amerika Serikat.

Baca Juga: Ironis! Orangtua Tak Kuat Bayar Listrik, Anak Ini Kerjakan PR di Pinggir Jalan

3.

Tipe C

colokan listrik

Tipe C | infopromodiskon.com

Pasti kamu sudah tidak asing dengan jenis colokan ini. Ya, inilah jenis yang paling sering digunakan di Indonesia. Dan jenis ini pula yang umumnya dipakai di berbagai belahan dunia. Dua colokan dan dua lubang, inilah tipe C. Berikut rinciannya:

Jumlah Pins/Lubang Tegangan Kuat Arus
2 220 -240 V 2,5 A

Soketnya hanya bisa dipakai untuk tipe C. Selain Indonesia, negara-negara lain yang menggunakan tipe ini adalah Argentina, Bangladesh, Bhutan, Brasil, Kamboja, Chile, China, Kuba, Mesir, Ethiopia, Uni Eropa, India, Israel, Maldives, Maroko, Myanmar, Nepal, Oman, Paraguay, Peru, Filipina, Rusia, Singapura, Afrika Selatan, Korea Selatan, Thailand, Turki, Uruguay, dan Vietnam.

4.

Tipe D

colokan listrik

Tipe D | infopromodiskon.com

India merupakan negara yang biasa menggunakan jenis sambungan listrik ini. Colokan ini umumnya dipakai untuk perangkat berkapasitas besar. Inilah rinciannya:

Jumlah Pins/Lubang Tegangan Kuat Arus
3 220 -240 V 5 A

Soket ini tidak aman untuk tipe E dan F. Jenis ini hanya cocok bisa disambungkan dengan tipe C dan D. Selain India, negara-negara yang memakai jenis colokan ini antara lain Bangladesh, Bhutan, Hongkong, Macau, Maldives, Monaco, Myanmar, Nepal, Qatar, Afrika Selatan, Srilanka, Tanzania, Uni Emirat Arab, Vietnam, dan Zimbabwe.

Baca Juga: Protes Tagihan Listrik yang Tinggi, Sudah Upaya Penghematan Belum?

5.

Tipe E

colokan listrik

Tipe E | infopromodiskon.com

Jenis colokan ini biasanya dipakai di sejumlah negara Eropa. Rinciannya sebagai berikut:

Jumlah Pins/Lubang Tegangan Kuat Arus
2 220 -240 V 16 A

Soketnya dapat disambungkan dengan tipe C, E, dan F. Biasanya, negara-negara yang memakai jenis colokan ini antara lain Belgia, Republik Ceko, Denmark, Ethiopia, Prancis, Israel, Monaco, Maroko, Polandia, dan Slovakia.

6.

Tipe F

colokan listrik

Tipe F | www.his-travel.co.id

Tipe ini juga tak asing di Indonesia. Cukup banyak perangkat elektronik di sekitar kita yang menggunakan jenis colokan ini. Beberapa negara di Eropa pun biasa memakai tipe ini. Mungkin dari bentuknya tidak begitu berbeda dari jenis yang serupa, namun akan terlihat dari rinciannya sebagai berikut:

Jumlah Pins/Lubang Tegangan Kuat Arus
2 220 -240 V 16 A

Soketnya cocok digunakan untuk tipe C, E, dan F. Sedangkan beberapa negara yang menggunakannya antara lain Bhutan, Mesir, Ethiopia, Uni Eropa, Indonesia, Israel, Macau, Peru, Rusia, Korea Selatan, Thailand, Turki, Uruguay, dan Vietnam.

Baca Juga: Jos! Negara Ini Berlakukan Libur Nasional Hanya Karena Listrik Padam

7.

Tipe G

colokan listrik

Tipe G | www.his-travel.co.id

Tipe colokan ini jarang digunakan di Indonesia. Meskipun demikian, cukup banyak kita menjumpai jenis colokan ini di beberapa bangunan. Inilah rincian tipe colokan G:

Jumlah Pins/Lubang Tegangan Kuat Arus
3 220 -240 V 13 A

Soket hanya cocok untuk tipe G. Negara-negara yang menggunakan tipe ini adalah Bahrain, Bangladesh, Bhutan, Brunei, Kamboja, Hongkong, Irlandia, Kenya, Macau, Maldives, Myanmar, Oman, Qatar, Singapura, Srilanka, Tanzania, Uni Emirat Arab, Inggris, dan Zimbabwe.

8.

Tipe H

colokan listrik

Tipe H | infopromodiskon.com

Tipe colokan listrik yang sangat khusus karena hanya dijumpai di Israel dan Palestina. Rinciannya sebagai berikut:

Jumlah Pins/Lubang Tegangan Kuat Arus
3 220 -240 V 16 A

Soket ini tidak aman untuk tipe E dan F. Meskipun tipe ini dikenal hanya digunakan di Israel dan Palestina secara eksklusif, Thailand pun memakainya meskipun sangat jarang.

Baca Juga: Tagihan Listrik Membengkak, PLN Sebut Gara-gara Nonton Drama Korea!

9.

Tipe I

colokan listrik

Tipe I | infopromodiskon.com

Indonesia tidak menggunakan colokan tipe ini. Biasanya, tipe ini dipakai di Australia dan beberapa negara lainnya. Berikut ini rinciannya:

Jumlah Pins/Lubang Tegangan Kuat Arus
2 (tidak ada grounding) dan 3 (grounding) 220 -240 V 10 A

Soketnya hanya cocok digunakan untuk tipe I. Negara-negara yang menggunakan tipe ini antara lain Argentina, Australia, China, Fiji, Myanmar, Selandia Baru, dan Uruguay.

11.

Tipe K

colokan listrik

Tipe K | infopromodiskon.com

Sedikit sekali negara yang menggunakan ini. Dan yang juga jelas, kita tidak menggunakan jenis colokan tipe K. Berikut ini rinciannya:

Jumlah Pins/Lubang Tegangan Kuat Arus
3 220 -240 V 16 A

Soket hanya cocok untuk tipe E dan F. Negara-negara yang menggunakan tipe ini adalah Bangladesh, China, Denmark, dan Maldives.

12.

Tipe L

colokan listrik

Tipe L | infopromodiskon.com

Berikut ini rincian colokan tipe L:

Jumlah Pins/Lubang Tegangan Kuat Arus
3 220 -240 V 10 A dan 16 A

Untuk yang tipe 10 A, soket yang cocok adalah tipe C dan L. Sedangkan yang tipe 16 A, soketnya hanya cocok di tipe L. Negara-negara yang memakai colokan tipe ini adalah Chile, Kuba, Ethiopia, Italia, Maldives, San Marino, dan Uruguay.

13.

Tipe M

colokan listrik

Tipe M | infopromodiskon.com

Kita tidak menggunakan tipe colokan ini. Dan jumlah negara yang memakainya pun tidak terlalu banyak. Berikut ini adalah rincian colokan tipe ini:

Jumlah Pins/Lubang Tegangan Kuat Arus
3 220 -240 V 15 A

Soket hanya cocok untuk tipe M. Negara-negara yang memakainya adalah Bhutan, India, Israel, Macau, Nepal, Singapura, Srilanka, dan Afrika Selatan.

14.

Tipe N

colokan listrik

Colokan dengan tipe grounding ini pun tidak digunakan di negara kita. Berikut ini rinciannya:

Jumlah Pins/Lubang Tegangan Kuat Arus
3 220 -240 V 10 A dan 20 A

Soketnya cuma dapat disambungkan ke tipe C dan N. Hanya ada dua negara yang menggunakannya, yaitu Brasil dan Afrika Selatan.

15.

Tipe O

colokan listrik

Tipe O | infopromodiskon.com

Kita tidak memakai colokan ini meski wujudnya seperti tidak asing. Berikut ini rinciannya:

Jumlah Pins/Lubang Tegangan Kuat Arus
3 220 -240 V 16 A

Soket hanya cocok untuk tipe C dan O. Selain dua tipe itu tidak aman. Negara yang dikenal menggunakan tipe ini hanya Thailand.

Artikel Lainnya



Source link

Advertisement
Click to comment

TEKNOLOGI

Cara Instal Windows 7 Lengkap dengan CD dan Flashdisk

Cara Instal Windows 7 Lengkap dengan CD dan Flashdisk


cara instal windows 7

Windows 7 | www.lifewire.com

Tidak berbeda jauh dengan cara menginstal windows 10, kamu juga harus cek dulu apakah PC atau laptopmu support untuk Windows versi 32 bit atau 64 bit. Silakan pilih file master boot installer sesuai versi perangkat yang bisa kamu cek di keterangan CD-nya.

Kalau file masternya sudah siap, ikutilah cara-cara instal windows 7 berikut.

Masukkan CD Windows 7 ke dalam PC atau laptopmu yang telah menyala, lalu restart.

Baca Juga: Penjualan Windows 7 Akan Dihentikan 

cara instal windows 7

Restart Windows | betanews.com

Masuk menu BIOS

Sebelum loading ke sistem operasi, masuklah ke menu BIOS.

Oh ya, setiap merek laptop berbeda-beda cara masuk menu BIOS-nya. Ada yang melalui tombol F1, F10, Del, atau yang lain tergantung merek laptopmu. Tidak tahu tombol apa untuk masuk ke menu BIOS laptopmu? Jangan khawatir karena selalu ada keterangan saat loading awal.

Lebih jelasnya cek contoh gambar di bawah ini.

cara instal windows 7

Cek keterangan tombol booting di bagian paling bawah | haiwiki.info

Di gambar di atas, keterangan yang tertulis di bagian paling bawah adalah Press F2 to enter SETUP, F12 for Network Boot, Esc for Boot Menu. Nah, tekan F2 untuk masuk ke menu pengaturan BIOS.

Setelah menekan tombol yang dimaksud, tampilan layarnya akan seperti di bawah ini.

cara instal windows 7

Menu BIOS | haiwiki.info

Ingat ya, setiap merek laptop memiliki tampilan BIOS yang berbeda-beda. Gambar di atas hanya sebagai contoh dan pastinya berbeda jika kamu menggunakan laptop merek lain.

Pengaturan booting

Perhatikan susunan tab sebelah atas dan cari Boot. Klik di situ dan layar akan menampilkan berikut ini. Berhubung kamu akan menerapkan cara instal windows 7 dengan CD, pilih di CD-ROM Drive.

cara instal windows 7

Pilih di bagian teratas | haiwiki.info

Simpan pengaturan BIOS dan exit.

Otomatis PC atau laptopmu restart dan muncul keterangan seperti di bawah ini.

cara instal windows 7

Klik sembarang tombol | haiwiki.info

Baca Juga: Fitur Windows 7 yang Jarang Dipakai 

Klik di sembarang tombol dan layar kembali loading ke proses selanjutnya.

Berikutnya, layar menampilkan menu pengaturan bahasa. Untuk contoh di bawah ini menggunakan Bahasa Inggris. Konfirmasi dengan tombol Next.

cara instal windows 7

Pengaturan bahasa | haiwiki.info

Sudah siap dengan proses instalasi Windows 7? Klik saja Install now.

cara instal windows 7

Instal Now | haiwiki.info

Sebelum masuk ke proses instalasi selanjutnya, klik dulu untuk mengkonfirmasi persetujuan seperti contoh di bawah ini.

cara instal windows 7 tercepat
Klik konfirmasi persetujuan instalasi | haiwiki.info
cara instal windows 7

Pilih Custom (advanced) | haiwiki.info

Jika layar menampilkan jendela seperti di atas, jangan bingung. Pilih saja Custom (advanced) untuk menerapkan cara instal windows 7 dari awal alias memasukkan sistem operasi baru dan menghapus semua data sistem lama.

Baca Juga: Cara Instal Windows 10 Terlengkap dan Paling Mudah

Untuk pengaturan partisi, silakan dipilih ke drive C yang akan sekaligus memformat/menghapus semua data di dalamnya, caranya dengan klik delete ke partisi yang akan digunakan sebagai lokasi instalasi.

Selanjutnya, buatlah partisi baru dengan klik New kemudian klik Next. Layar akan menampilkan proses transfer file-file instalasi Windows 7. Tampilannya seperti di bawah ini.

cara instal windows 7

Proses transfer file instalasi Windows 7 | haiwiki.info

Dalam keterangan contoh gambar di atas, disebutkan bahwa komputermu akan restart beberapa kali selama proses instalasi. Biarkan saja dan tunggu seluruh rangkaian proses tranfer file instalasi ini selesai. Restart berjalan otomatis.

Biarkan saja setelah restart hingga layar menampilkan keterangan updating registry settings seperti contoh gambar di bawah ini.

cara instal windows 7

Pengisian username dan nama komputer | haiwiki.info

Berikutnya adalah pembuatan password yang bisa kamu lewati jika menganggapnya tak perlu.

cara instal windows di perangkat laptop
Set up password | haiwiki.info
cara instal windows 7

Isilah product key | haiwiki.info

Jangan lupa mengisi product key sesuai yang tercantum dalam CD Windows 7 yang sedang kamu instal. Untuk pengisian product key ini sebenarnya bisa kamu lewati begitu saja. Tapi periodenya berlaku terbatas, ada yang 30 hari dan bahkan ada yang cuma 3 hari.

cara instal windows 7

Pilih rekomendasi pengaturan | haiwiki.info

Terakhir, pengaturan keamanan dan update. Pilih saja pengaturan yang direkomendasikan, klik, dan lanjutkan ke pengaturan waktu.

Proses instal Windows7 dengan CD sudah selesai. Semua langkah di atas juga bisa diterapkan sebagai cara instal ulang laptop windows 7 misalnya jika PC atau laptopmu eror atau terkena virus.

Baca Juga: Cara Mematikan Update Windows 10 yang Praktis, Tak Makan Waktu Lama 

cara instal windows 7

Instal dengan flashdisk | winpoin.com

Cara instal windows 7 tanpa CD

Instalasi Windows 7 bisa dilakukan tanpa memakai CD. Persiapannya cukup memakai flashdisk dan file master Windows 7. Gunakan flashdisk berkapasitas minimal 8 GB.

Untuk cara instal windows 7 dengan flashdisk ini tidak dengan copy paste file master Windows 7 ke dalam flashdisk. Ada dua pilihan cara membuat boot installer dari flashdisk untuk instalasi Windows 7, yakni dengan Rufus dan Wintoflash.

cara instal windows 7

Rufus | www.linuxuprising.com

Membuat boot installer dengan Rufus

Jika file master Windows 7 masih dalam bentuk CD, hal pertama yang harus dilakukan ialah mengubahnya ke dalam format ISO. Software yang disarankan untuk mengubahnya ke dalam format ISO bisa memakai CDBurnerXP dan BurnAware.

Dua software itu bisa diunduh dari tautan-tautan berikut ini:

Link Download CDBunerXP

Link Download BurnAware

Sedangkan untuk file master Rufus bisa diunduh di tautan berikut:

Link Download Rufus

Kalau file format ISO sudah selesai dibuat, lanjutkan dengan membuat boot installer dengan Rufus.

cara instal windows 7

Tampilan Rufus | haiwiki.info

Begini urutan langkah-langkahnya:

  1. Buka software Rufus yang sudah diinstal.
  2. Siapkan flashdisk dan tancapkan ke slot USB di PC atau laptopmu.
  3. Pilih Device dan lokasi ke USB drive flashdisk.
  4. Pengaturan Format Options dibiarkan saja.
  5. Klik di Create a bootable disk using, lalu pilih ISO Image. Di ikon CD/DVD, klik dan pilih file ISO yang sudah kamu buat sebelumnya.
  6. Klik Start dan OK di setiap notifikasi yang muncul.
  7. Proses pembuatan boot installer berlangsung beberapa menit dan setelah selesai, file bisa langsung digunakan untuk menerapkan cara instal windows 7 tanpa cd.
cara instal windows 7

Wintoflash | www.tutorialcarakomputer.com

Membuat boot installer dengan Wintoflash

Jika kamu belum punya software ini, silakan diunduh di tautan berikut:

Link Download Wintoflash

  1. Instal file aplikasi Wintoflash lalu buka setelah terpasang di perangkatmu.
  2. Klik Next untuk langkah-langkah pengaturan awal software Wintoflash.
  3. Setelah semuanya selesai, layar kembali ke menu awal.
  4. Layar menunjukkan menu seperti gambar di bawah ini, pilih More singleboot.
  5. Layar menunjukkan menu Windows setup file path. Sumber instalasinya bisa berasal dari CD Windows atau file ISO yang telah dibuat.
  6. Kalau sudah ada CD-nya, tinggal memilihnya. Tapi jika kamu akan membuat dari file ISO, jangan lupa centang di keterangan Use my ISO, RAR, ARJ, ZIP, 7z, CAB, DMB image or archive.
  7. Pastikan kamu sudah memilih lokasi flashdisk yang benar. Cek sekali lagi untuk memastikan lokasi drive flashdisk.
  8. Klik Run.
  9. Nah, kalau tiba-tiba kamu menjumpai notifikasi seperti di bawah ini, jangan panik. Klik saja Continue.
  10. Lanjutkan proses transfer file instalasi dan tunggu paling lama 15 menit. Namun kadang-kadang bisa lebih lama karena tergantung performa PC.
  11. Jika file installer telah selesai dibuat, klik Exit.
  12. Flashdiskmu sudah siap digunakan untuk instal windows tanpa CD.
cara instal windows 7

Instal dengan flashdisk | www.jalantikus.com

Lalu bagaimana cara install Windows 7 menggunakan flashdisk?

Urutan langkah-langkahnya tidak berbeda dari proses instalasi menggunakan CD kecuali pada saat pengaturan booting, aturlah ke flashdisk. Klik save dan exit, lalu ikuti proses instalasinay seperti biasa.

Apakah ada perbedaan durasi antara instalasi menggunakan CD dan flashdisk? Tidak ada. Namun jangan lupa ya, setelah selesai proses instalasinya, atur pengaturan boot kembali ke normal.

Sebenarnya tidak dilakukan pun tak masalah, tapi hal ini untuk mengantisipasi jika sampai terjadi salah klik keyboard sementara boot installer masih terpasang.

Proses instalasi Windows 7 belum sempurna kalau kamu tidak menginstal driver-driver bawaan PC dan laptop. Cek kelengkapan driver PC atau laptopmu lalu instal satu persatu supaya perangkatmu bisa digunakan secara optimal.

Artikel Lainnya



Source link

Continue Reading

TEKNOLOGI

5 Benda Canggih Hasil Temuan Ilmuwan Indonesia

5 Benda Canggih Hasil Temuan Ilmuwan Indonesia


5 Benda Canggih Hasil Temuan Ilmuwan Indonesia

Ilustrasi | unsplash.com

Apa saja ya kira-kira?

Membahas tentang ilmuwan, biasanya kita akan langsung berpikir mengenai para penemu hebat dari Amerika atau Eropa. Padahal tidak semua temuan hebat hanya berasal dari dua benua itu saja lho, ada beberapa penemuan penting dari negara-negara di Asia, termasuk Indonesia.

Meski masih belum sehebat negara-negara barat, tetapi Indonesia sudah pernah memberikan sumbangsih besar lewat penemuan dari para ilmuwan lokal yang hebat. Termasuk dalam hal menemukan teknologi canggih. Kira-kira siapa saja sih ilmuwan Indonesia yang dimaksud? Simak pembahasannya di bawah ini:

BACA JUGA: Berbekal Tes Kuantum, Fisikawan Ini Ungkap Tidak Ada Kehidupan Setelah Kematian

1.

Mobil Listrik

Ilustrasi

Ricky Elson | jalantikus.com

Pendidikan memang penting, tetapi semangat besar dan kerja keras merupakan poin yang lebih penting. Terbukti dari ilmuwan muda Indonesia yang berhasil mengembangkan mobil listrik tanpa menggunakan BBM.

Beliau adalah Ricky Elson, meski tidak mengenyam pendidikan S1 tetapi ia berhasil membuktikan kemampuan dan pencapaiannya yang luar biasa. Ricky dan timnya berhasil membuat mobil listrik yang dinamai Selo dan Gendis yang dipamerkan di KTT APEC pada Oktober 2013.

BACA JUGA: 7 Film Tentang Tsunami yang Diangkat dari Bencana Alam di Dunia Nyata

2.

Sinyal provider yang terjangkau blank spot

Ilustrasi

Adi Rahman Adiwoso | jalantikus.com

Adi Rahman Adiwoso memberikan sumbangsih besar bagi kamu yang tinggal di daerah pelosok. Berkat sumbangsihnya tersebut, ia berhasil membuat sinyal provider yang terjangkau di berbagai macam blank spot, termasuk di daerah pelosok seperti hutan, pantai, dan lain-lain.

BACA JUGA: 7 Film Tentang Tsunami yang Diangkat dari Bencana Alam di Dunia Nyata

3.

Antena mikrostrip

Ilustrasi

Penemu radar satelit bumi dan antena tembus pandang | jalantikus.com

Pria asal Indonesia, Josaphat Tetuko Sri Sumantyo berhasil menemukan benda penting dan canggih di bidang teknologi. Pasalnya ia merupakan pemegang paten antena mikrostrip yang digunakan untuk berkomunikasi dengan satelit.

4.

Brain activity scanner

Ilustrasi

Warsito Purwo Taruno | jalantikus.com

Pernah mendengar nama Warsito Purwo Taruno? Beliau berhasil menemukan benda canggih yang sangat bermanfaat bagi banyak orang, terutama bagi para penderita kanker.

Ia merupakan sosok brilian dan jenius yang berasal dari Karanganyar, Jawa Tengah. Penemuannya tersebut juga telah menyembuhkan kakak perempuannya dari kanker payudara, serta menyembuhkan seorang remaja lelaki dari kanker otak.

Penemuannya telah digunakan oleh berbagai perusahaan minyak kelas dunia dan rumah sakit besar yang ada di Indonesia maupun luar negeri. Alat canggih yang ia temukan tersebut memiliki beberapa fungsi seperti brain activity scanner, breast activity scanner, brain cancer electro capacitive therapy, dan breast cancer electro capacity therapy.

5.

Temuan di dunia penerbangan Indonesia

Ilustrasi

B.J. Habibie | analisaaceh.com

Ilmuwan jenius Indonesia berikutnya yang sudah pasti kamu kenal adalah B.J. Habibie. Beliau berhasil menemukan solusi untuk masalah rumit di dunia penerbangan. B.J. Habibie berhasil mengharumkan nama bangsa atas penemuan hebatnya tersebut, bahkan membawa manfaat besar di dunia penerbangan.

Dalam waktu 1 tahun saja, beliau berhasil menemukan solusi untuk masalah pesawat tersebut. Berkat jasanya, transportasi penerbangan menjadi lebih aman.

Artikel Lainnya

Jarang mendapatkan sorotan, sebenarnya banyak sekali ilmuwan dalam negeri yang memiliki banyak sumbangsih. Dan mereka adalah bukti bahwa ilmuwan-ilmuwan Indonesia tidak boleh dipandang sebelah mata.

Tags :



Source link

Continue Reading

TEKNOLOGI

Indonesia Jadi Pengguna Aktif Mobile Legends Terbanyak

Indonesia Jadi Pengguna Aktif Mobile Legends Terbanyak


Indonesia Jadi Pengguna Aktif Mobile Legends Terbanyak

Game Mobile Legends | criticalindex.net

Mungkin kamu salah satunya?

Industri eSports saat ini tengah pengalami perkembangan yang cukup pesat, termasuk di Indonesia. Perkembangannya pun diiringi dengan semakin populernya game yang termasuk dalam kategori eSports ini, salah satunya adalah Mobile Legends: Bang Bang (MLBB).

Mobile Legends menjelma sebagai salah satu game yang sejak beberapa tahun belakangan menjadi kegemaran masyarakat pecinta game khususnya di Indonesia. euforianya pun merambah ke orang-orang yang sebelumnya jarang sekali bermain game terutama game sejenis Mobile Legends.

Tidak heran jika Indonesia merupakan basis terbesar pemain Mobile Legends dibandingkan dengan negara-negara lain di dunia. sekali lagi, pemain Mobile Legends di dunia paling banyak berasal dari Indonesia.

Hal ini membuktikan bahwa masyarakat Indonesia sangat menyukai game Mobile Legends atau sejenisnya. Tua-muda, laki-laki-perempuan, semuanya bermain Mobile Legends. Tapi benarkah Indonesia merupakan basis terbesar pemain Mobile Legends?

Game Mobile Legends

Game Mobile Legends | www.bluestacks.com

Saat ini Indonesia mempunyai pengguna aktif game MLBB sebanyak 50 juta pengguna terhitung sampai bulan September 2018 yang lalu. Mungkin dari puluhan juta ini, salah satunya adalah kamu ya hehehe.

Menurut keterangan tertulis yang diberikan oleh Nimo TV, Kamis (17/1), Indonesia merupakan kontributor pengguna aktif bulanan paling besar untuk game Mobile Legends. Jumlah yang disumbangkan Indonesia adalah 29,4 persen dari 170 juta pengguna aktif per bulan secara global.

Jumlah ini sama dengan 49,98 juta pengguna aktif. Banyaknya jumlah pengguna aktif Mobile Legends di Indonesia membuat game keluaran Moonton ini sebagai salah satu cabang game yang diperhitungkan dalam perkembangan eSports di Indonesia.

Game Mobile Legends

Game Mobile Legends | game.uzone.id

Saat ini sudah mulai banyak bermunculan tim eSports yang serius menekuni dunia ini hingga bisa mengikuti turnamen dalam berbagai skala, baik nasional maupun internasional. Di Indonesia sendiri ada beberapa tim eSports yang namanya mulai diperhitungkan bahkan di kancah internasional. Salah satunya adalah Louvre eSports.

Tim Louvre eSports dengan serius dan profesional membangun skuad MLBB. Mereka pun senantiasa mengasah kemampuan agar bisa mengikuti turnamen Mobile Legends, tidak hanya lokal, tetapi juga skala luar negeri.

Game Mobile Legends

Ilustrasi bermain game Mobile Legends | www.youtube.com

Kido, salah satu anggota tim Louvre eSports, mengatakan bahwa saat ini eSports memang semakin populer. Apalagi sejak adanya platform live streaming khusus game. Menurut Kido, para perusahaan pun kini mulai melirik eSports dan banyak yang menawarkan diri untuk menjadi sponsor, sehingga event semacam turnamen ini pun semakin sering diadakan.

Kido pun terus berharap agar eSports semakin banyak mendapatkan dukungan dari berbagai pihak agar perkembangannya semakin cepat dan luas. Sekali lagi, Kido menegaskan bahwa platform live streaming khusus game sangat membantu menunjukkan pada masyarakat bahwa eSports merupakan bidang yang serius, dan tentunya bisa ditekuni sebagai profesi.

Kabarnya, dalam waktu dekat ini akan dilaksanakan beberapa turnamen Mobile Legends lho. Dua di antaranya adalah Mobile Legends Professional League (MPL) Season 3; dengan total hadia priza pool US$ 12 ribu atau sekitar Rp 170 juta, serta turnamen Piala Presiden 2019 yang dicetuskan oleh Presiden Joko Widodo.

Bagaimana? Kamu tertarik menekuni eSports? Kegiatan bermain game yang bagi sebagian orang hanya dilihat sebagai hiburan, ternyata jika ditekuni dengan sungguh-sungguh bisa menjadi bidang profesional yang tentunya sangat menguntungkan.

Tags :



Source link

Continue Reading
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Trending Dari BuzzFeed

close