Connect with us

VIDEO

13 Era yang Mengubah Sejarah Hidup Manusia

13 Era yang Mengubah Sejarah Hidup Manusia

[ad_1]

1.

Revolusi Neolitik sekitar 10.000 SM

Ilustrasi

ilustrasi revolusi Neolitik sekitar 10.000 SM | www.idntimes.com

Peristiwa ini dianggap sebagai kejadian yang mengubah sejarah, karena dinilai menjadi awal peradaban manusia. Pada masa ini, manusia mulai berburu dan menetap menjadi petani. Menurut History, manusia yang menetap di kawasan Bulan Sabit Subur mulai menggembalakan ternak dan bertani kacang buncis. Dari situlah terbentuk kota, surplus, dan populasi yang lebih besar hingga tercipta peradaban.

BACA JUGA: Meski Terlihat Absurd, 10 Produk Aneh Ini Diyakini Bisa Percantik Wanita Tanpa Oplas!

2.

Terciptanya penulisan sekitar 3.200 SM

Ilustrasi

Ilustrasi penemuan tulisan di batu | sejarah.upi.edu

Tulisan adalah salah satu penemuan yang sangat berpengaruh dalam kehidupan umat manusia. Menurut catatan Archeology, juru tulis di wilayah Irak yang dulunya disebut Uruk, diketahui pertama kali membuat tulisan di batu. Namun, ia menulis menggunakan pictogram, bukan huruf abjad seperti sekarang.

Hingga akhirnya pada tahun 1850 SM, sekelompok pedagang Venisia menciptakan penulisan konsonan yang dikenal sebagai abjad. Sembilan ratus kemudian, orang Yunani akhirnya menciptakan konsep vokal tertulis.

3.

Demokrasi pertama di Athena, 507 SM

Ilustrasi

Ilustrasi demokrasi di Athena | osc.medcom.id

Meski masih menuai pro kontra, penerapan sistem demokrasi adalah salah satu ide brilian dalam kehidupan politik. Ternyata, sistem demokrasi pertama kali dipraktikkan di Athena sekitar 507 SM.

Itu merupakan pemilihan pertama kali di dunia yang dalam prakteknya masih belum sempurna. Dari sekitar 260.000 penduduk Athena, yang dapat memilih hanya 40.000 orang. Bahkan, pada Reformasi Cleisthenes tersebut, siapa pun boleh mencalonkan diri dan bisa dengan mudah terpilih dengan undian acak.

4.

Berkembangnya Ajaran Konfusius 483 SM

Ilustrasi

Ilustrasi Konficius | medium.com

Konfisius atau Kong Hu Cu menjadi ajaran yang sangat berpengaruh hingga sekarang. Ternyata, pencetus ajaran spiritual yang berasal dari Tiongkok ini pernah frustrasi saat ajarannya kurang dihargai Tiongkok.

Saat itu, Konfisius berusia 56 tahun dan memilih untuk mengasingkan diri selama 12 tahun. Dia pun kembali pada 483 SM dan menulis buku-buku tentang Konfisius yang akhirnya menjadi warisan. Tahun kembalinya Konfisius dari pengasingan itulah yang kemudian ditandai sebagai sejarah penting berkembangnya ajaran Kong Hu Cu.

5.

Konstantinus Agung mengubah jalan sejarah kekristenan pada 312 M

Ilustrasi

Ilutrasi Konstantinus Agung | news.detik.com

Tahun 312 M menjadi sejarah penting perkembangan agama Kristen, karena menjadi agama favorit kekaisaaran. Hal itu bermula sejak Kaisar Konstantinus Agung pindah agama dari paganisme menjadi Kristen. Peristiwa itu pun menjadikan Kristen tumbuh sebagai agama kekaisaran paling kuat saat itu.

6.

Awal tercetusnya perpecahan Islam 661 M

Ilustrasi

Ilustrasi Sunni vs Syiah | syriapagebypaige.wordpress.com

Nabi Muhammad wafat tahun 632 M setelah berhasil mempersatukan seluruh Arab di bawah ajaran Islam. Namun, Nabi Muhammad tidak mengutus penggantinya, sehingga muncul 2 kandidat besar saat itu. Yang pertama, Ali Bin Abi Thalib yang disukai kelompok Syiah dan yang kedua Abu Baakar Ash-Shiddiq yang disukai kaum Sunni.

Ketika Abu Bakar mendapat posisi teratas, saat itulah umat muslim mulai terpecah. Dalam dunia modern, perpecahan Sunni dan Syiah ini sering menjadi inti dari banyak kekerasan yang melanda Timur Tengah.

7.

Kekeliruan yang dibuat Penguasa Kekaisaran Mali, 1324 M

Ilustrasi

Ilustrasi kaisar Mali dari Afrika | pecihitam.org

Musa I dari Mali adalah penguasa abad pertengahan dari kekaisaran Mali Afrika Barat yang memiliki setengah dari emas dunia. Hingga akhirnya, pada tahun 1324 M, Musa I berkunjung ke Mekkah dan memercikkan kekayannya ketika melewati Mesir. Akibatnya, Mesir mengalami inflasi yang menyebabkan Arab dan Eropa terkejut. Kejadian itulah yang mendorong orang Eropa menjelajai kawasan Afrika Barat.

8.

Revolusi Copernican mengubah pandangan ilmu pengetahuan pada 1543 M

Ilustrasi

Ilustrasi Copernicus | news.okezone.com

Menurut NASA, sejak zaman Aristoteles berkembang kepercayaan yang meyakini bahwa semua benda di langit mengorbit bumi. Pemikiran ini pun menjadi doktrin resmi di banyak gereja saat itu. Akhirnya, pada tahun 1515, Nicolaus Copernicus menemukan fakta baru bahwa Bumi hanyalah salah satu planet yang mengorbit matahari.

Namun, Copernicus tak langsung mengemukakan temuannya tersebut. Ia baru mengungkapkan pemikirannya menjelang ajalnya tahun 1543 M. Sejak saat itulah, pemikiran Copernicus tersebut mengilhami seluruh konsep sains modern hingga sekarang.

9.

Revolusi Industri pada 1760 M

Ilustrasi

Ilustrasi revolusi industri | sasanadigital.com

Revolusi industri juga menjadi salah satu sejarah penting dalam kehidupan umat manusia di dunia. Ini adalah era yang sangat penting, di mana orang-orang bisa mendapatkan kerja dan memberantas kemiskinan. Sebenarnya tidak ada tanggal pasti tentang kapan revolusi industri dimulai. Akan tetapi, tahun 1760 sering dijadikan sebagai tonggak dimulainya revolusi indistri yang diterima secara umum.

10.

Revolusi Perancis tahun 1789 M

Ilustrasi

Ilustrasi revolusi perancis | www.idntimes.com

Dalam skala global, Revolusi Perancis bukan hanya dikenal sebagai perjuangan kebebasan, kesetaraan, dan persaudaraan. Akan tetapi, peristiwa itu juga mendorong kebangkitan Napoleon, serta konflik di Spanyol yang secara langsung memicu perang kemerdekaan Amerika Latin.

11.

Pemberontakan budak tahun 1804 M

Ilustrasi

Ilustrasi pemberontakan budak | kumparan.com

Tahun 1791 pemberontakan budak meledak di koloni Prancis, tepatnya di Saint-Domingue. Ratusan ribu budak menyerang rumah mewah, membantai keluarga kulit putih dan membakar ladang tebu. Tiga belas tahun kemudian, Saint-Domingue mendeklarasikan kemerdekaannya menjadi negara baru bernama Haiti.

Haiti menjadi negara kulit hitam merdeka pertama dalam sejarah modern dan koloni dunia baru kedua yang melepaskan belenggu Eropa. Terbentuknya negara Haiti juga mengilhami banyak pihak memperjuangkan kemerdekannya. Seperti yang terjadi pada tahun1807 M, publik memaksa Kerajaan Inggris menghapus perdagangan budak di wilayah kekuasaannya.

12.

Peluncuran Sputnik 1 yang menuntun jalannya peradaban modern tahun 1957 M

Ilustrasi

Ilustrasi peluncuran sputnik | techno.okezone.com

Peluncuran Sputnik 1 pada 4 Oktober 1957 berdampak besar bagi peradaban, karena menjadi satelit buatan manusia pertama ke orbit bumi. Namun, Sputnik buatan Uni Soviet itu juga memicu perang dingin antara Uni Soviet dan Amerika.

Pada tahun 1959, Uni Soviet mendaratkan wahana pertama ke bulan. Lalu pada tahun 1961, ia mengirimkan Yuri Gagarin sebagai manusia pertama yang memasuki ruang angkasa. Hingga akhirnya Amerika tak mau kalah denga mengirim orang pertama yang meluncur ke bulan pada tahun 1969.

13.

Website pertama yang membuka jalan untuk abad 21 lahir pada tahun 1991 M

Ilustrasi

Ilustrasi website pertama | hannsite.blogspot.com

Penemuan website oleh pria Inggris bernama Tim Berners-Lee adalah salah satu temuan penting dalam peradaban umat manusia, khususnya abad 21. Saat itu Tim Berners-Lee menciptakan http, html, url yang ia buat dengan peramban dasar dan perangkat lunak.

Ia pun berhasil menciptakan halaman website untuk pertama kalinya dalam sejarah. Menariknya, Berners-Lee enggan mematenkan hasil temuannya tersebut. Karena ia ingin agar karyanya bisa dinikmati banyak orang secara gratis.

Artikel Lainnya

[ad_2]

Source link

Advertisement
Click to comment

Humaniora

Cara Leluhur Dekatkan Anak-Anak dengan Tuhan | Good News From Indonesia

Cara Leluhur Dekatkan Anak-Anak dengan Tuhan | Good News From Indonesia

[ad_1]

Mohammad Zaini Alif, pakar permainan tradisional Indonesia mengungkapkan bahwa arti dari dari kalimat tersebut tidak diketahui secara pasti, karena belum ada penelitian tentang sejarah yang menjelaskan kemunculan kalimat tersebut dalam permainan anak-anak. Permainan ini pun mulai ditinggalkan dan digantikan dengan permainan canggih.

Namun, selama pandemi Covid-19 ada perkembangan di masyarakat. Permainan-permainan tradisional mulai naik daun dan banyak dimainkan anak-anak untuk mengisi keseharian selama menetap di rumah.

Untuk melestarikan keberadaan permainan tradisional, Sjamsul, sebagai pihak dari Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah (Disdakmen) bersama pusat kurikulum tengah mempersiapkan modul permainan tradisional untuk ke dalam kurikulum.

Selamat Hari Anak Nasional!

#makintahuindonesia#Indonesia#Hompimpa#DolananAnak#Semenit

    ! function(f, b, e, v, n, t, s) 
        if (f.fbq) return;
        n = f.fbq = function() 
            n.callMethod ? n.callMethod.apply(n, arguments) : n.queue.push(arguments)
        ;
        if (!f._fbq) f._fbq = n;
        n.push = n;
        n.loaded = !0;
        n.version = '2.0';
        n.queue = [];
        t = b.createElement(e);
        t.async = !0;
        t.src = v;
        s = b.getElementsByTagName(e)[0];
        s.parentNode.insertBefore(t, s)
    (window, document, 'script', 'https://connect.facebook.net/en_US/fbevents.js');
    fbq('init', '444507519219005');
    fbq('track', 'PageView');

https://connect.facebook.net/en_US/sdk.js .

[ad_2]

Link Sumber Berita

Continue Reading

Sejarah

Plengkung Gading Yogyakarta, Gapura dengan Segudang Cerita | Good News From Indonesia

Plengkung Gading Yogyakarta, Gapura dengan Segudang Cerita | Good News From Indonesia

[ad_1]

Plengkung Gading atau Plengkung Nirbaya dapat kita jumpai pada daerah Keraton Jogja, di Jalan Patehan Kidul, Kecamatan Kraton. Terletak di sebelah selatan Yogyakarta, jaraknya kurang lebih 300 meter dari Alun-Alun Kidul atau Alun-Alun Selatan.

Selain Plengkung Gading, di kawasan Keraton Jogja terdapat plengkung lain, seperti Plengkung Tarunasura (Plengkung Wijilan), Plengkung Nirbaya, Plengkung Madyasura (Plengkung Buntet), Plengkung Jagasurya (terletak di sebelah barat alun-alun utara), Plengkung Jagabaya (Plengkung Tamansari) .

#makintahuindonesia#Indonesia#KeratonYogyakarta#Yogyakarta#Semenit

    ! function(f, b, e, v, n, t, s) 
        if (f.fbq) return;
        n = f.fbq = function() 
            n.callMethod ? n.callMethod.apply(n, arguments) : n.queue.push(arguments)
        ;
        if (!f._fbq) f._fbq = n;
        n.push = n;
        n.loaded = !0;
        n.version = '2.0';
        n.queue = [];
        t = b.createElement(e);
        t.async = !0;
        t.src = v;
        s = b.getElementsByTagName(e)[0];
        s.parentNode.insertBefore(t, s)
    (window, document, 'script', 'https://connect.facebook.net/en_US/fbevents.js');
    fbq('init', '444507519219005');
    fbq('track', 'PageView');

https://connect.facebook.net/en_US/sdk.js .

[ad_2]

Link Sumber Berita

Continue Reading

Iptek

Layanan Kesehatan Berbasis Teknologi di Indonesia | Good News From Indonesia

Layanan Kesehatan Berbasis Teknologi di Indonesia | Good News From Indonesia

[ad_1]

Keberadaan telemedicine dianggap turut berperan penting dalam sektor kesehatan tanah air, karena memberikan kemudahan bagi pasien untuk berkonsultasi secara daring.

Terutama di masa pandemi ini, masyarakat diimbau untuk membatasi kegiatan di luar rumah. Akan tetapi, telemedicine masih memiliki kekurangan, yaitu proses pemeriksaan yang sangat terbatas, sehingga telemedicine tidak dapat sepenuhnya menggantikan peran dokter konvensional.

#makintahuindonesia#Indonesia#Covid #Telemedicine#Semenit

    ! function(f, b, e, v, n, t, s) 
        if (f.fbq) return;
        n = f.fbq = function() 
            n.callMethod ? n.callMethod.apply(n, arguments) : n.queue.push(arguments)
        ;
        if (!f._fbq) f._fbq = n;
        n.push = n;
        n.loaded = !0;
        n.version = '2.0';
        n.queue = [];
        t = b.createElement(e);
        t.async = !0;
        t.src = v;
        s = b.getElementsByTagName(e)[0];
        s.parentNode.insertBefore(t, s)
    (window, document, 'script', 'https://connect.facebook.net/en_US/fbevents.js');
    fbq('init', '444507519219005');
    fbq('track', 'PageView');

https://connect.facebook.net/en_US/sdk.js .

[ad_2]

Link Sumber Berita

Continue Reading
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement

Trending Dari BuzzFeed

close