Business is booming.

1.222 Jiwa Mengungsi Akibat Banjir di Jakarta


1.222 Jiwa Mengungsi Akibat Banjir di Jakarta


Telegraf – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat sebanyak 1.222 jiwa mengungsi akibat banjir di Jakarta sejak Sabtu (20/02/2021) dini hari.

Dari total 1.222 jiwa tersebut, pengungsi dewasa tercatat sebanyak 918 jiwa, remaja 151, balita 89 dan lansia 64 jiwa.

“Sementara, dari jumlah tersebut sebanyak 333 KK atau 1.109 jiwa, atau sekitar 23 RT (8 RW) yang terdampak berada di kawasan Kelurahan Cipinang Melayu, Kecamatan Makasar, Kota Jakarta Timur,” kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati.

Raditya Jati juga mengatakan, tinggi muka air di kawasan Cipinang mencapai 200 cm. Warga yang mengungsi juga tersebar di beberapa titik, seperti fasilitas tempat ibadah, sekolah maupun tempat lapang.

Tim gabungan dari BPBD DKI Jakarta, Basarnas, TNI dan Polri melakukan evakuasi warga. Sedangkan kerugian material, BPBD masih melakukan pendataan di lapangan.

Dalam penanganan darurat, pemerintah setempat juga telah mendistribusikan bantuan logistik dan penyelamatan serta evakuasi warga terdampak.

BPBD DKI Jakarta mendirikan pos lapangan di Universitas Borobudur dengan kekuatan 40 personel.

Selain itu, tenda pengungsian telah didirikan dan penyiagaan perahu karet sejumlah 3 unit. Dinas PUPR membantu dengan pengoperasian mobil toilet.


Photo Credit: Kawasan Jakarta pada saat tergenang banjir, terlihat sejumlah tentara melakukan siaga dan pertolongan serta evakuasi penanganan terhadap warga yang terdampak banjir. EPA/SHUTTERSTOCK

 

Yuan Adriles
Latest posts by Yuan Adriles (see all)





Source link